Angin Kencang Melanda Bondowoso, Sejumlah Pohon Tumbang

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png

Bondowoso – Angin kencang disertai dengan hujan melanda beberapa daerah di Jawa Timur, Khusunya Kab. Bondowoso, Intensitas angin kencang membuat masyarakat Bondowoso resah.

Sesuai info terkini dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) bahwa Bondowoso termasuk Daerah yang Waspada Potensi Angin Kencang dan cuaca ekstrim.

Menurut BMKG hal ini terjadi diakibat Adanya pola tekanan rendah di Samudra Hindia selatan wilayah Nusa Tenggara sehingga menyebabkan terbentuknya pola pertemuan angin atau konvergensi di sepanjang wilayah Jawa Timur.

BACA JUGA :  Komunitas LKB Bondowoso Santuni Warga Miskin di Plosok Desa

Dari analisa MJO mulai menguat yang mengindikasikan suplay uap air meningkat, Selain itu saat ini wilayah Jawa Timur juga sudah mendekati puncak musim hujan.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Juanda Surabaya memprakirakan dalam sepekan ke depan Potensi cuaca ekstrim, curah hujan dengan intesnsitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang diwilayah Jawa Timur termasuk di Kab. Bondowoso.

Akibat dari cuaca ekstrim ini sebagian pohon tumbang, Hal ini terjadi di Kec. Tapen Desa Wonokusumo, Akibat kejadian ini akses utama menuju Wisata Punjak Kawah Ijen ditutup sementara, karena adanya evakuasi terhadap pohon yang menutupi akses jalan tersebut.

BACA JUGA :  Anggota Polsek Kota Polres Situbondo Terjun Langsung Padamkan Kebakaran Lahan Di Desa Talkandang

Pihak dari Polsek Tapen dengan sigap melakukan pengamanan jalur lalu lintas karena daerah ini merupakan jalan yang cukup padat.

Bripka Andi Wiyatno petugas dari Polsek Tapen bersama PU Binamarga dan dibantu oleh warga melakukan evakuasi Pohon tumbang di Desa Wonokusumo 200 M sebelah selatan Balai Desa Wonokusumo.

BACA JUGA :  Tindak Lanjuti Tuntutan Sarbumusi, Pemkab. Jember Menutup Sementara Ijin Operasional PT. Mboin

“Alhamdulillah Kami telah melakukan Evakuasi Pohon Tumbang Jenis Pohon Asam, Diduga pohon Akibat terjangan angin kencang dan lapuk dimakan usia, Akibat kejadian ini tidak ada korban jiwa”, Ungkapnya, Minggu, 5/1/2020.

Selaim itu, BMKG juga menginformasikan cuaca ektrim ini akan terjadi beberapa hari kedepan, Bagi Masyarakat yang beraktivitas diluar ruangan untuk selalu berhati hati.

Reporter : Yadi
Editor : Arik Kurniawan
Publikasi : Kusnanto

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan