Presiden Jokowi : Saya Sering Gugup Kalau Ditanya Wartawan

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png

Banjarmasin – Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Jokowi bersama para pejabat negara tiba pukul 09.15 Wita di Kompleks Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Aneka Tambang, Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2/2020).

Hadir mendampingi Presiden, yakni Gubernur Kalimantan Selatan, Sabhirin Noor, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Dewan Pers, M Nuh dan Ketua Umum PWI, Atal S Depari, Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko, Menko Polhukam, Mahfud MD, Menko PMK, Muhadjir Effendy, Menkum HAM, Yasonna Laoly, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar.

Tampak pula, Staff Khusus Milenial Presiden; Putri Tanjung, Aminuddin Ma’ruf, Andi Taufan Garuda Putra, Gracia Billy Mambrasadar.

Adapun pejabat daerah yang juga terlihat, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa serta Wali Kota Tanggerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

BACA JUGA :  Peresmian Graha HMI Bandung: Menandai Dibukanya Pusat Kreativitas Produk Halal & Inkubasi Bisnis

Presiden Jokowi, tiba di acara Hari Pers Nasional Banjarmasin 2020 satu hari dari jadwal sebelumnya, karena Jokowi harus terbang ke Canberra Australia.

“Setiap HPN, saya usahakan bisa hadir. Karena itu, meski saya seharusnya sudah berangkat ke Canberra, tadi saya sempat-sempatkan untuk hadir di sini. Saya belok ke sini dulu,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Dikatakan Presiden, bahwa insan pers adalah teman kesehariannya.

“Kemanapun saya pergi, yang ikut pasti para wartawan, menteri malah kadang ga ikut,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Terkadang, lanjut Presiden, saat menghadapi wartawan, dirinya mengaku sering gugup.

“Jujur saya juga sering gugup menghadapi wartawan yang suka bertanya doorstop. Meski begitu berkat peran pers, kegiatan pembangunan dan informasi-informasi layanan umum bisa diketahui masyarakat,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo, turut meresmikan ‘Hutan Pers Taman Spesies Endemik’ dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 di Kalimantan Selatan.

BACA JUGA :  Gandeng Kemenhan, Kodim Bangli Sosialisasi Bela Negara dan Komponen Cadangan

Agenda HPN tingkat Nasional dan Bekasi Raya

Adapun rangkaian acara peringatan HPN 2020 secara nasional, akan berlangsung 7-9 Februari di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Sejumlah kegiatan diadakan, seperti, Seminar Inovasi Pelayanan Publik, Pameran Karya Pers serta Konvensi Nasional Media Massa.

Sebenarnya, para peserta maupun undangan sudah tampak memadati Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sejak Jum’at (7/2/2020). Mereka datang dari berbagai penjuru tanah air. Masing-masing organisasi pers/ wartawan mengutus delegasinya guna menghadiri perayaan HPN 2020.

“Alhamdulillah hari ini saya tiba di Banjarmasin bersama Ketua PWI Bekasi Raya, Melody Sinaga dan Sekretaris, Ewy serta 14 wartawan lainnya yang berasal dari Bekasi,” ucap Doni Ardon, Direktur Utama PT Mitra Informa Indonesia, selaku penerbit media online politika.co.id dan desawisata.co.id.

Doni, hadir di HPN 2020 Banjarmasin karena merasa terpanggil untuk berbaur bersama seluruh profesi pers se Indonesia.

“Insyaallah kita juga sudah mempersiapkan perhelatan HPN ditingkat Bekasi Raya dengan serangkaian dan agenda yang hampir sama dengan yang dilaksanakan tingkat nasional,” ucapnya.

BACA JUGA :  MZK Gelar Pelatihan Jurnalistik Nasional

Agenda HPN Bekasi Raya dimaksud, seperti, talkshow di TV Badar dan Radio Wibawa Mukti, sedekah pohon di Situ Cipalahlar Cibarusah, syukuran potong tumpeng, santunan anak yatim, berbagi rezeki bersama anak jalanan, dll.

Secara terpisah, Ketua PWI Bekasi Raya, Melody Sinaga, mengatakan bahwa sebanyak 16 wartawan dari Bekasi berangkat menuju Kalimantan Selatan sejak Sabtu (8/2/2020) dini hari.

Masing-masing dintaranya pengurus PWI Bekasi Raya, perwakilan Humas Kabupaten Bekasi dan selebihnya berasal dari insan pers Bekasi Raya.

Melody menjelaskan, seluruh rombangan dari Bekasi Raya akan bergabung dengan PWI Jawa Barat di Kota Banjarmasin.

“Seluruh rombongan, baik PWI Bekasi Raya maupun PWI Jawa Barat direncanakan menginap selama tiga hari di Banjarmasin dan akan mengikuti seluruh rangkaian peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2020,” pungkasnya. (Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan