Danramil 0822/07 Maesan Hadiri Uji Coba Penanaman Padi Varietas M70D oleh GAPOKTAN “Harapan Kita” Desa Suger Lor

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png

Bondowoso – Perlu di Apresasi yang dilakukan oleh GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) “Harapan Kita” Desa Suger Lor, yang telah melaksanakan DEMPLOT (Demontration Plot) Padi Genjah M70D, Kegiatan dilaksananakan di Lahan satu Hektar di Dusun Krajan Bawah RT:16/RW:02 Desa Suger Lor, Kec. Maesan, Kab. Bondowoso. Rabu, 1/4/2020.

Bibit unggul M70D merupakan bibit yang dikenalkan oleh Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Jendral TNI (purn) Moeldoko, yang membangkan dan perlu diapresasi iyalah, bibit terbaik ini baru pertama kali ditanam di tanam di Bondowoso.

Kelebihan Bibit Unggul M70D ialah usia hanya 70 Hari, mulai dari penanaman hingga panen, sehingga petani dalam waktu Setahun bisa panen hingga 3-4 kali, Selain itu jumlah hasil gabahnya lebih banyak dari pada padi pada umunya, dalam 1 Hektar bisa mencapai 9,5 Ton gabah.

BACA JUGA :  Terdampak Situasi Pandemi Covid-19, Tidak Memutus Semangat Warga Way Tuba Merayakan Maulud Nabi

Danramil 0822/07 Maesan Kapten Inf Sugianto mengapresiasi kepada Kades Suger Lor dan GAPOKTAN “Harapan Kita”, seperti yang dijelaskan Danramil 0822/07 Maesan kepada Lensa Nusantara bahwa pihaknya sangat mendukung dengan kegiatan ini, Karena Bibit M70D merupakan Varietas Baru, dan Pertama kali di tanam di Bondowoso, dan semoga bisa meningkatkan Swasembada Pangan di Bondowoso khususnya Desa Suger Lor.

BACA JUGA :  Pernah Dipidana Kasus Penipuan Jual Beli Lahan,Kini Kormaida Siboro Kembali Terjerat Masalah Hukum

“Inovasi yang dilakukan Desa Suger Lor ini dapat dicontoh daerah lain agar bisa peningkatan produksi swasembada pangan, apabila mengingat usia panennya lebih cepat yaitu hanya 70 Hari, dan semoga penanaman padi dilahan satu Hektar ini menjadi percontohan petani yang ada di Bondowoso”, Ujarnya.

BACA JUGA :  Apel Kesiapsiagaan, Antisipasi Potensi Bencana dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Minsel

Pelaksanaan juga dihadiri oleh Camat Maesan Drs. Ahmad Sayadi MM., Danramil 0822/07 Maesan Kapten Inf Sugianto, Koordinator BPP Congkrong Samsaimun, Kades Suger Lor Kusnadi, Babinsa Suger Lor Sertu Rizal, Mantri Tani Kec. Maesan Susilo, PPL Suger Lor Susilo Beserta 12 Anggota PPL Kec. Maesan, Ketua Pok Tani Al furqon 2 dan GAPOKTAN Harapan Kita H.sutrisno, hingga selesai acara berjalan dengan lancar.

  • Reporter : Arik Kurniawan
  • Publikasi : Yadi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan