Uncategorized

Koramil 0822/13 Tlogosari Tinjau Tugas Covid-19 Desa Gunosari Menggelar Simulasi Penanganan Virus Corona

×

Koramil 0822/13 Tlogosari Tinjau Tugas Covid-19 Desa Gunosari Menggelar Simulasi Penanganan Virus Corona

Sebarkan artikel ini

BONDOWOSO – Salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 adalah dengan mengandalkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat desa. Oleh karenanya relawan Gugus Tugas Covid-19 Desa Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso menggelar simulasi penanganan virus Corona.

Dalam simulasi ini memaparkan alur penanganan Covid-19 dari tingkat Gugus Desa, Kecamatan sesuai protokol standar. Dengan adanya simulasi ini, Gugus Desa nantinya diharapkan dapat mengerti dan paham akan fungsi dan perannya masing-masing, ketika menemukan adanya masyarakat yang terdapat gejala Covid-19.

Example 300x600

“Hal ini juga dimaksudkan agar pencegahan dan penanganan virus Corona tersebut dapat tertangani secara cepat, sigap dan tanggap, sehingga masyarakat yang terinfeksi dapat segera mendapatkan pertolongan medis,” kata Peltu Suwaji Bati Kompos

Masih kata Peltu Suwaji Anggota Koramil 0822/13 Tlogosari dalam simulasi tersebut, dipaparkan bagaimana tata cara menjaga kebersihan dan kesehatan mulai dari cara cuci tangan, pelaporan masuknya pendatang dari luar kota oleh masyarakat kepada aparat desa. Kemudian aparat desa menghubungi petugas kesehatan di tingkat kecamatan, serta proses rujukan ke rumah sakit, penggunaan ruang isolasi yang disediakan di desa, hingga alur penanganan ODP yang dirujuk ke rumah sakit.

“Diharapkan  dengan simulasi yang digelar tersebut, masyarakat dan aparat desa dapat mengerti dan memahami standar kesehatan dalam penanganan pasien diduga terinfeksi corona, sekaligus menghindari masyarakat agar tidak ikut terpapar virus,” pintanya.

Sementara itu Kades Gunosari mengatakan, dalam simulasi ini pihaknya melalui Satgas Covid peduli turut bergabung dalam kegiatan gugus tugas tingkat desa.

Dalam kegiatannya Pemdes turut melakukan edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19, Kegiatan ini juga merupakan edukasi terhadap masyarakat, agar dapat lebih paham ketika menemukan warga yang memiliki gejala terkena virus Corona. Sehingga segera mendapatkan penanganan yang tepat.” ungkapnya

Pantauan Awak Media Giat Simulasi di Hadiri, Peltu Suwaji Bati Kompos Koramil 0822/13 Tlogosari bersama Bapak Dodik Siregar, SE. MM Kepala Camat Tlogosari dan Aiptu Aman Santoso personel Polsek Tlogosari Dan Juga melakukan kegiatan peninjauan di Desa Gonosari dalam acara pembuatan Vidio simulasi penanganan dan pencegahan Covid 19, yang diikuti oleh Kepala Desa Gunosari, Serka Juwiyanto Babinsa, Aiptu Virdus Babinkamtibmas, petugas Medis dan relawan Covid 19.

  • Reporter : Nusul
  • Editor : Arik Kurniawan
  • Publikasi : Yadi/Jasuli
**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan