BeritaPolri

Membanggakan, Inovasi Pak Bhabin Asal Bondowoso

×

Membanggakan, Inovasi Pak Bhabin Asal Bondowoso

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, Lensa Nusantara – Ya pak Bhabin adalah nama panggilan yang sering digunakan oleh warga desa Sumbersalak Kec. Curahdami Bondowoso kepada Bripka Hefry Andriansyah yang sehari hari bertugas sebagai Bhabinkamtibmas desa tersebut.

Bertugas didesa yang masih menyandang predikat ” TERTINGGAL ” karena secara geografis berada di lereng gunung Argopuro dan untuk menuju kesana masih ada jalan yang rusak parah, ditambah desa tersebut tergolong baru 12 tahun berdiri setelah pecah dengan Desa Pakuwesi ditahun 2007 yang lalu membuat pembangunan dirasakan belum maksimal.

Example 300x600

Keterbatasan tersebut membuat pak Bhabin untuk ikut andil membuat inovasi yang dapat meningkatkan ekonomi warganya dengan merintis kemitraan peternakan sapi dan domba berbasis pemberdayaan masyarakat. Usaha ternak milik pribadi yang semula telah digeluti pak Bhabin sejak tahun 2015 dan sudah mendapatkan legalitas SIUP, TDP DAN HO dari Bupati Bondowoso dengan berorientasi bisnis dan mencari profit diubah menjadi berorientasi sosial kemasyarakatan melalui kemitraan dan kekeluargaan. Caranya dengan menyerahkan pengelolaan peternakan tersebut kepada warga masyarakat didukung fasilitas yang diberikan secara hibah / cuma – cuma misalkan :

  1. Menyediakan fasilitas lahan satu hektar untuk menanam rumput gajah.
  2. Membuatkan kandang sapi dan domba modern sebanyak 3 kandang berukuran 10 x 20 m2 yang terbuat dari gavalum dan beralaskan kayu usuk.
  3. Pembelian satu unit sepeda gerobak roda tiga merk Viar baru tahun 2020 STNK BPKB
  4. Pemberian gaji setiap bulan kepada 5 orang pekerja sebesar Rp. 750.000,-
  5. Pemberian satu unit SPM tahun 2005 kepada 5 orang pekerja dengan sistem konsenan untuk akomodasi @ 3 juta.
  6. Pemberian diskon kepada konsumen yang berdomisili di desa binaan Sumbersalak ketika membeli domba untuk acara aqiqah, walimahan, pernikahan maupun kematian.
  7. Pengadaan lumbung pakan ternak gratis bagi warga desa yang mempunyai hewan peliharaan baik sapi maupun domba namun dalam keadaan sakit atau berhalangan untuk mencari rumput dihutan atau sedang keluar kota.

Dengan adanya usaha tersebut BRIPKA HEFRY ANDRIANSYAH selaku pak Bhabinkamtibmas berharap dapat secara perlahan dan pasti meningkatkan kesejahteraan ekonomi warganya ditengah pandemi virus Corona Covid 19 dan sebagai bagian dari program KAMPUNG TANGGUH SEMERU DESA SUMBERSALAK yang telah dijalankan sejak dua bulan yang lalu.

Pak Bhabin juga berharap mendapatkan dukungan dan perhatian dari instansi terkait dan Pemda serta donatur untuk mengembangkan usaha tersebut utamanya dalam segi modal usaha dan bantuan ternak dimasa yang akan datang.

  • Reporter : Yadi/Hosairi
  • Editor : Arik Kurniawan
  • Publikasi : Edi HW/Rahman
**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan