Lensa Nusantara
Featured Jember Tapal Kuda

Kenalkan MITIGASI Bencana Menuju JEMBER SIGAP, POLRES JEMBER Gelar TALKSHOW LAWYER CLUB

Jember,Lensanusantara.co.id – Kepolisian Resort Jember bersama HMI IAIN Jember menyelenggarakan Talkshow Himpunan Lawyer Club bertajuk Tanggap Darurat : Mitigasi Bencana Menuju Jember Sigap yang di gelar di Aula Hotel Meotel Jember. Jumat Malam (22/01/2021).

Talkshow ini membahas menajemen meminimalisir dampak bencana, menajemen penanganan kedaruratan bencana, pengelolaan informasi peringatan dini, pengelolaan sampah dan ancaman risiko kerusakan lingkungan.

Talkshow ini menghadirkan narasumber Drs. Joko Mulyono, M.Si., Dosen Sosiologi Fisip UNEJ, Heru Widagdo, Kabid Operasional BPBD Kabupaten Jember, David Handoko Seto Ketua Komisi C DPRD Jember dan Adrian Supriatna, Kabid Kebersihan DLH Jember.

Joko Mulyono, MSi dalam sambutan mengatakan, guna menjadikan Kabupaten Jember tangguh bencana diperlukan keterlibatan langsung seluruh komponen masyarakatnya didalam upaya untuk membangun kesiapsiagaan dalam menghadapinya.

Senada yang dikatakan Dosen Sosiologi Fisip Unej, dalam membangun masyarakat yang tangguh bencana. “Seluruh proses tanggap darurat datangnya dari diri kita, keluarga dan masyarakat itulah yang ingin di bangun. Kami sudah mengusulkan Destana Di Jember, Desa Tangguh Bencana”, ujar David Handoko, Ketua Komisi C DPRD Jember.

Sementara itu pada kesempatan tersebut Heru Widagdo, Kabid Operasional BPBD mengatakan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi sebuah bencana.

“Manajemen penanganan kedaruratan dalam menghadapinya melibatkan semua stake holder dan pemangku kepentingan didalam membangun ketangguhan terhadap bencana”, paparnya.

Di acara Talkshow yang juga disiarkan Live Streaming di Chanel YouTube Humas Polres Jember, Kabid Kebersihan DLH Pemkab Jember menyatakan hal ini dapat memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan untuk mengurangi resiko bencana, jelas Andrian Supriatna.

” Kesadaran Masyarakat yang peduli lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan merupakan unsur yang tidak terpisahkan dari seluruh upaya kesiapsiagaan terhadap bencana, ungkapnya.

Melalui kolaborasi Acara Talk Show Tanggap Darurat : Mitigasi Bencana Menuju Jember Sigap diharapkan dapat meningkatkan manajemen penanggulangan bencana di Kabupaten Jember. Satu hal yang lebih penting, akan banyak peluang untuk penyelamatan korban yang timbul dari masyarakat secara lebih cepat dan meminimalkan dampak bencana terhadap masyarakat Jember.(Hoz)

Related posts

4 Lokasi Di Sidoarjo Disasar Unit Dekontaminasi Yonzipur 5/ABW

Redaksi

Sebagai Bentuk Profesionalisme Profesi Jurnalis, Kabiro Kabupaten/Kota Nias Serahkan Surat Pemberitahuan Penugasan ke Forkompinda

Lensa Nusantara

Satuan Satreskoba Polres Probolinggo Ringkus Pengedar Sabu-sabu

Lensa Nusantara