Lensa Nusantara
Babel Featured

Ketua DPRD Babel Hadiri Sosialisasi Diplomasi Parlemen DPR RI

Pangkalpinang, LENSANUSANTARA.CO.ID -Untuk mewujudkan kepentingan nasional, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan diplomasi parlemen secara total melalui BKSAP Day

Pada sosialisasi yang bertajuk “Diplomasi Parlemen DPR RI di Masa Pandemi Covid – 19” ini juga di hadiri Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah, Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, Wakil Ketua DPRD Babel Muhammad Amin, Ketua BKSAP Fadil Zon beserta jajarannya, dan unsur Forkopimda Babel beserta perwakilan akademisi dari Universitas Bangka Belitung dan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Jumat, (05/02/2021) di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Bangka Belitung,

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat (BKSAP DPR RI) , Fadli Zon mengatakan BKSAP merupakan bagian dari perangkat dewan dimiliki oleh DPR RI untuk meningkatkan kerjasama antara parlemen melalui diplomasi total sesuai amanat UU No.17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3), dan UU No.37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri.

Dijelaskannya, BKSAP memiliki empat desk strategis yakni desk kerjasama internasional, kerjasama regional, kerjasama bilateral dan kerjasama administrasi antar anggota.

Dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, Fadli mengatakan Bangka Belitung memiliki tonggak diplomasi dalam proyek kemerdekaan. Dalam sejarah, sebagaimana diketahui di Menumbing, Bangka Barat pernah disinggah Ir Soekarno saat agresi militer oleh Belanda.

Menurutnya, terdapat missing link dalam diplomasi Indonesia bila menyampingkan kontek sejarah, Ia mengingatkan sebagaimana pernah dikatakan Mohammad Hatta bahwa hakekat diplomasi Indonesia ialah kepentingan nasional dengan melibatkan seluruh komponen secara aktif.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah menyampaikan sejauh ini Pemprov Babel terus berusaha meningkatkan dan mengoptimalkan lahan perkebunan dengan cara penambahan lahan dan mengalihfungsikan lahan untuk memenuhi kebutuhan di Bangka Belitung. Mengingat, penting untuk meningkatkan ketahanan pangan di Babel.(Zakaria)

Related posts

Ketua LSM LP3KKN RI Melaksanakan Vaksin yang Kedua di Mapolda Sulsel

Lensa Nusantara

Miris, Oknum PPK dan PPS Diringkus Polres OKU Selatan Disaat Pesta Narkoba beserta Pengedarnya

Lensa Nusantara

Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, M.Si, MH., memimpin Upacara HUT Pramuka Ke-59 Tahun 2020

Lensa Nusantara