BeritaFeatured

Rangkaian HPN, Pers Kaimana Gandeng TNI-Polri Bersikan Sampah di Sepajang Pantai Kampung Seram

×

Rangkaian HPN, Pers Kaimana Gandeng TNI-Polri Bersikan Sampah di Sepajang Pantai Kampung Seram

Sebarkan artikel ini

Kaimana, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kaimana, berkola borasi dengan pihak TNI-Polri akan melakukan pembersihan sampah di sepajang pantai kampung seram kaimana.

Example 300x600

Pemebersihan sampah tersebut selain dirangkaikan dalam kegiaran HPN, tetapi juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari setiap tahunya.

Hal itu di sampaikan Koordinator Persatuan Wartawan Idonesia (PWI) Kaimana,Yohanes Dasantos, saat rapat bersama dengan sejumlah Pers kaimana dalam rangka persiapan kegiatan pemberihan sampah,pada Jumat (19/2/2021).

“jadi besok pagi itu dalam rangkaian kegiatan HPN dan juga dalam rangka HPSN,maka PWI Kaimana akan melaksanakan kegiatan bhakti sosial dalam hal ini pembersihan sampah di lokasi kampung seram kota kaimana,”jelasnya.

Kegiatan pembersihan sampah, kata Yohanes bahwa tidak hanya Pers sendri tetapi akan bersinergis dengan TNI-Polri.

“nah dalam kegiatan pembersihan samapah yang akan di laksanakan pada tanggal 20 februari besok, itu kita wartwawan tidak hanya sendiri saja, tetapi kita juga akan mengandeng  dengan anggota TNI dan Polri, yakni TNI itu dari Batalyon 764 Iamba Baua Kaimana dan Polres Kaimana,kemudian kita minta masing-masing satuan ini 20 personil, sehingga nanti sekitar 70 orang yang besok ini kita turun ke lokasi dalam rangka pembersihan sampah dimaksud, kemudian kenapa kita mengandengan TNI-Polri.? Yaitu tujuannya karena kita membangun sinegitas antara Pers dan TNI-polri di Kabupaten Kaimana ”pungkasnya.

Yohanes Dasantos menyebutkan bahwa kegiatan pembersihan di sepajang pantai kampung seram kaimana akan berlangsung selama dua jam, yaitu akan di mulai pada pukul 07.00 hingga 09.00 Wit.

“kegiatan pembersihan sampah ini akan di mulai dari jam 07 sampai dengan 09 pagi, jadi upayanya adalah kita memberikan  pemahaman kepada masyarakat bahwa laut bukan merupakan tempat pembuangan akhir sampa, karena tempat pembuangan sampah sudah disiapkan oleh pemerintah daerah sehingga jangan membuat laut sebagai tempat akhir pembuangan sampah,”ungkapnya.

Selain TNI-Polri yang akan di libatkan dalam Kegiatan Pembersihan sampah tersebut,Yohanis Dasantos mengatakan, bahwa akan melibatkan RT Kampung seram bersama warganya.

“jadi sebagai penanggungjawab wilayah RT di lokasi pembersihan, tentunya pasti kita akan melakukan kordinasi dengan RT bersama warga setempat, kemudian kordinasi kita dengan RT suda Ok, sehingga pelaksanaannya tetap dilaksanakan pada besok pagi tanggal 20 februari 2021, bersama dengan RT Kampung seram,”Jelasnya.

Yohanes Dasantos menambahkan bahwa dari Rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di kaimana,PWI Kaimana selain aksi sosial pembagian, juga dirangkaikan dengan lomba menulis naskah berita atau jurnalistik dengan topik pengelolaan sampan, yang mana lomba tersebut akan di umumkan pada tanggal 20 Februari 2021 besok.

“jadi dalam rangka HPN yang kita melakukan pembagian masker pada tanggal 10 februari lalu,  tetapi kita juga membuka lomba jurnalistik, dan lomba ini kita buka secara umum, sehingga warga diberikan kesempatan untuk menulis tentang pengelolaan sampah di lingkungan masing-masing, kemudian sudah ada beberapa warga yang telah mengirim naskah beritanya melalui Imail kami yang sebagai juri, sehingga kami sudah tentukan tanggal pengumuman hasil lombanya yaitu pada tanggal 20 februari besok, kita akan umumkan siapa pemenangnya, dari kategori lomba yang sudah kita publikasikan lewat media masing-masing, kemudian untuk juaranya yaitu juara satu, dua, tiga dan juara harapan, kita langsung berikan hadianya,” pungkasnya,(Lks)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan