Lensa Nusantara
Featured Pemerintahan

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kaimana, Dijadwalkan 26 April 2021

Kaimana, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sesuai Surat Mendagri pelaksanaan pelantikan empat Pasangan Bupati dan Wabup secara serempak tahap kedua yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2021 mendatang, termasuk Bupati dan wakil Bupati Kaimana terpilih periode 2021-2024. Kepastian tanggal pelantikan tahap ke dua tersebut berdasarkan surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), melalui Dirjen Otonomi Daerah dengan nomor 131/1921/OTDA, yang ditujukan kepada Gubernur Papua Barat tanggal 25 Maret 2021 lalu.

Hal itu di ungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pemerintahan Setda Kaimana Fransisco E Beruatwarin, ketika dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya, Senin (29/3/2021).

Kabag Pemerintahan Fransisco menyebutkan, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat edaran dari Gubernur Papua Barat melalui biro pemerintahan dan otonomi daerah Setda Provinsi Papua Barat.

“Surat edaran dari Kemendagri sudah, tetapi ditujukan ke Gubernur, yang kabupaten/kota melaksanakan pelantikan tahap kedua tanggal 26 April 2021, jadi sudah ada surat edaran mendagri ke gubernur papua barat, belum ke kabupaten/kota, artinya nanti gubernur akan tindaklanjuti surat edaran itu  ke kami di kabupaten/kota, tetapi kan surat edarannya sudah beredar dan semua masyarakat pasti sudah tahu, ”jelasnya.

Menyoal terkait tempat pelaksanaan pelantikan ke empat Bupati dan wakil termasuk Bupati dan Wabup Bupati Kaimana terpilih. Menurutnya dalam surat edaran Kemendagri tersebut, belum dijelaskan tempat pelantikan Bupati dan wakil Bupati terpilih.

“Terkait dengan kepastian apakah nanti pelantikannya di Manokwari atau dimana, nanti kita tunggu surat edaran dari Gubernur Ke kami di Kabupaten/kota, ”pungkasnya.

Dirinya juga menyebutkan, dalam surat edaran Kemendagri dijelaskan teknis serta aturan pelaksanaan pelantikan secara virtual atau Online maupun secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Didalam surat edaran dijelaskan pelantikan secara langsung maupun daring (online,red), dengan berbagai persyaratan. Kepastian kita (Kaimana) pelantikan di Manokwari atau daring, masih menunggu surat edaran dari Gubernur Papua Barat,” ujarnya.

Dengan demikian, selaku Kabag Pemerintah Fransisco Beruatwarin mengatakan, pihaknya menunggu surat edaran dari Gubernur Papua Barat tentang pelaksanaan pelantikan Bupati dan wakil Bupati Kaimana terpilih, sesuai kriteria atau persyaratan yang akan di sampaikan lewat surat edaran Gubernur nantinya.(Lukas)

Related posts

Pengurus PGRI Kota Tanjungbalai yang Baru Beraudiensi Dldengan Walikota Tanjungbalai

Lensa Nusantara

Meminimalisir Penyebaran Covid-19, Pemkot Pekalongan Menggalakkan Swab Test Kepada OPD dan Masyarakat

Lensa Nusantara

DLHP Kabupaten Bondowoso Gandeng Komunitas MPL 8320 Sukses Bersihkan Destinasi Wisata Tirta Agung

Lensa Nusantara