free stats
Daerah  

Perluasan Safari Gemarikan, Sunarna Ajak Warga Cilacap Budayakan Konsumsi Ikan

Cilacap, LENSANUSANTARA.CO.ID – Penanggulangan kasus stunting di Cilacap terus di upayakan, agar angkanya terus menurun, maka salah satu cara yang paling nyata adalah anjuran gemar makan ikan.

Hal tersebut di katakan Kepala dinas Kelautan Dan Perikanan kabupaten Cilacap, Ditiasa Pradipta, SH.M.Si dalam kata sambutan kegiatan Perluasan Safari Gemarikan, yang di selenggarakan oleh kementrian KKP , bersama anggota DPR.RI Komisi IV ,Fraksi PDI Perjuangan, H Sunarna, SE, M.Hum, serta dihadiri camat Cilacap Utara Sunarti S.STP M.Si, di Balai kelurahan Gumilir,Cilacap Utara Kabupaten Cilacap, Minggu (6/2/2022)

Selanjutnya , Didiet menambahkan, kabupten Cilacap adalah wilayah yang di kenal dengan produck ikanya yang luar biasa , karena ikan berdasarkan sumber daya memberi kontribusi sangat penting bagi kesehatan tubuh. sebagai informasi angka konsumsi ikan di kabupaten Cilacap pada tahun 2020 masih 28,95 %/kg/kapita/tahun sedangkan untuk jawa tengah 35,30%/kg/kapita /tahun

“Kita ketahui bahwa Cilacap sudah di kenal produck ikan yang terbanyak dari kelautanya, karena itu masyarakat Cilacap apa bila tidak suka makan ikan rasanya aneh karena ikan berdasarkan potensi sumber daya memberikan kontribusi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, untuk itu salah satu manfaat sosialisasi gerakan makan ikan adalah meningkatnya angka konsumsi. Sebagai gambaran , angka konsumsi makan ikan di Cilacap pada tahun 2020 masih rendah sekitar ,28,95%/kg/kapita /tahun, sedangakan untuk propinsi jawa tengah 35,30%/kg/kapita /tahun. sedangkan untuk tingkat nasional 56,06/kg/kapita/tahun. karena itu kami sangat mengapresiasi produck olahan ikan yang ada di Cilacap, “tambahnya

Sementara itu , kepala BBP3KP ,Ditjen PDSPKP-KKP, Ir Widya Rusyanto, M.Si, menyampekan bahwa angka stunting di Indonesia tahun 2019 sebesar 27% menurun 24,4 % pada tanun 2022 , karena itu jadikan makan ikan menjadi kebiasaan dalam keluarga.

“Angka stunting atau gisi buruk di indonesia dalam beberapa tahun terakhir ,mengalami penurunan dari 27% pada tahun 2019 menjadi 27 % pada tahun 2022, hal itu patut kita sukuri, karena merupakan kerja keras semua pihak, sehingga angka stunting dapat turun, untuk itu warga Cilacap harusnya tidak alergi makan ikan , bahkan membiasakan makan ikan tiap hari agar tubuh menjadi sehat dan cerdas, ” kata Rusyanto.

Anggota DPR -RI Komisi IV, fraksi PDI Perjuangan, H Sunarna ,SE, M.Si, mengajurkan kepada warga cilacap agar suka makan ikan karena banyak sekali manfaatnya terutama bagi generasi penerus, supaya bangsa ini maju dan kuat maka perlu anak yang sehat, kuat dan cerdas.

“Cilacap itu, nelayanya paling banyak, hasil tangkapan ikannya juga paling banyak di jawa tengah, mestinya banyak yang mengkonsumsi ikan, jadi bagi ibu- ibu yang sedang mengandung dan menyusui, di usahakan banyak makan ikan, agar pertumbuhan bayi atau anak di Cilacap semakain sehat dan cerdas. Mengapa orang jepang pintar dan cerdas, karena di sana konsumsi ikanya sangan tinggi, maka dari itu, anak- anak kita di biasakan makan ikan, karena dengan mengkonsumsi ikan yang baik akan membawa dampak yang besar, penting untuk pertumbuhan yang baik, tidak kredil , otakyanjuga besar, sehingga bisa mampu menerima semua ilmu pengetahuan, agar kelak menjadi bangsa ini menjadi maju dan kuat. dalam rangka meneruskan rantai perjuangan pembangunan bangsa dan negara Indonesi tercinta.

Acara di akhiri pembagian stimulus produck ikan olahan yang di produksi olah warga Cilacap kepada peserta safari gemarikan.(Sahid)