Daerah  

Pemdes Kedungadem Realisasikan BKKD untuk Pengaspalan Jalan di Tiga Dusun

Bojonegoro, LENSANUSANTARA.CO.ID – Semangat Pemerintah Desa Kedungadem, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro dalam mendorong pembangunan jalan Desa patut mendapatkan apresiasi. Berkat program pembangunan jalan Desa yang dilaksanakan secara berkelanjutan, akses masyarakat ke berbagai kawasan dan wilayah menjadi terus meningkat.  

Pemdes Kedungadem saat ini telah merampungkan pengerjaan pengaspalan jalan Poros Desa tahap I dan II yang bersumber dari dana Bantuan Khusus Keuangan Desa (BKKD) tahun 2021 yang bersumber dari APBD Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

“Kalau jalannya bagus, aktivitas warga pun menjadi lancar. Akses jalan merupakan faktor terpenting dalam distribusi hasil pertanian dan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat Desa ini,” ujar Amir warga Dusun Ngaglik RT 4 RW 6.

BACA JUGA :  UPPD SAMSAT Cilacap Gandeng Pemkab dan Komunitas Motor Adakan Sosialisasi Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor

Selain Amir, Sunarto warga Dusun Cemplo RT 3 RW 5 pun mengungkapkan rasa senang dengan adanya pengaspalan di Dusun nya, ia bercerita sudah lama jalan didepan rumahnya rusak. 

“Senang mas, sekarang jalan di depan rumah sudah nglenyer, tak lihat juga pengerjaannya cepat, saya berharap tahun depan Desa Kedungadem ini dapat dana lagi dari Pemerintah Kabupaten, agar bisa melanjutkan pengaspalan, supaya lebih panjang lagi jalan mulusnya,” kata Sunarto saat di temui didepan rumahnya. 

Di tempat terpisah, Kepala Desa Kedungadem Agus Hari Purwanto mengatakan, dengan adanya Program Bantuan Khusus Keuangan Desa (BKKD) tahun 2021 yang direalisasikan untuk jalan aspal sepanjang 900 meter dan lebar 3,5 meter di tahap I (pertama) sudah selesai dikerjakan Pemerintah Desa Kedungadem di Dusun Taraban beberapa bulan yang lalu.

BACA JUGA :  Beredar Rekaman Klip Suara: Proyek Siluman di Kampung Gubernur Lampung Tidak Sesuai Spek

“Sekarang ini kami baru rampungkan pengerjaan pengaspalan di tahap II (kedua) dengan total panjang 720 meter dibagi dua lokasi, yaitu Dusun Ngalik sepanjang 360 meter dengan lebar 4 meter, dan Dusun Cemplo panjang 360 meter untuk lebar 3,2 meter, karena kita harus menyesuaikan lebar asli jalan,” tuturnya, Jumat (23/09/2022).

BACA JUGA :  Diduga Tak Kantongi Izin, Pertambangan di Sungai Tonang Bebas Beraktivitas

Ia menambahkan, dengan adanya perbaikan jalan di Desa Kedungadem ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, pengaspalan jalan ini bertujuan untuk mempermudah akses jalan bagi warga dalam memperlancar arus orang dan barang.

“Manfaatnya sangat luar biasa untuk warga, kalau jalannya halus dan nglenyer aktivitas pun menjadi lancar, saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih untuk Ibu Bupati atas bantuannya, sehingga jalan di Desa Kedungadem ini bisa bagus, semoga ditahun berikutnya bisa mendapatkan bantuan kembali karena Desa Kedungadem sangat luas dan ada beberapa jalan Dusun yang belum diperbaiki,” ucap Kades. (Muji)