Berita

Sampah di Bibir Pantai Pesisir Panarukan Situbondo Menumpuk

×

Sampah di Bibir Pantai Pesisir Panarukan Situbondo Menumpuk

Sebarkan artikel ini
Caption: Sampah yang menumpuk di pantai Panarukan Dermaga lama, bau tak sedap pun tercium 22/11/22 (Foto: Uday/LensaNusantara)

Situbondo, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sampah yang terus menjadi masalah sulit di tangani, bahkan dalam musim hujan kali ini banyak tumpukan-tumpukan sampah yang berserakan di pesisir Desa Panarukan, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa (22/11/2022).

Sementara itu, sampah yang ada di lokasi ini mayoritas merupakan limbah dari hasil aktivitas rumah tangga.

Example 300x600

Dari pantauan di lokasi, sampah tersebut berdekatan dengan tempat pelelangan ikan Desa Kilensari, Panarukan, Situbondo, dengan berbagai macam jenis sampah, mulai dari kayu, kaleng, botol kaca, kain, plastik bahkan popok bayi, nampak juga beberapa ekor kambing harus memakan sisa-sisa makanan di tempat sampah yang ada di bibir pantai ini.

Salah satu pengunjung, Wisnu yang ingin menikmati pemandangan laut dan gunung di dermaga lama Panarukan terganggu karena pemandangan yang tersaji, bau tak sedap pun tercium tatkala menikmati sunset di pantai ini.

“Miris sekali dengan kondisi ini, sampah sampah berserakan di mana-mana, bahkan saya menduga hanya sebagian warga yang sadar dampak jika membuang sampah ke laut, seharusnya pihak desa maupun daerah harus menjadi perhatian khusus sampah di pantai ini, karena bisa merusak ekosistem laut disini,” ujar Wisnu saat di temui di Dermaga lama Panarukan.

Di sisi lain, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo Ahmad Yulianto mengatakan, untuk wilayah pesisir akan dilakukan sosialisasi, dan tidak bisa semua akan di cover terkait masalah sampah tersebut, fasilitas yang ada juga tersedia untuk tempat sampah.

“Masyarakat harus tumbuh kesadarannya agar tidak membuang sampah sembarangan, bersih-bersih pantai belum kami agendakan, target 2023 akan dilakukan sosialisasi, untuk saat ini belum ada sosialisasi,” ungkap Yulianto. (day)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.