Advertorial

Data Calon Penerima BLT DBHCHT Membludak, Dinsos Situbondo Libatkan Desa Verfal

×

Data Calon Penerima BLT DBHCHT Membludak, Dinsos Situbondo Libatkan Desa Verfal

Sebarkan artikel ini
Dinsos Situbondo
Kepala Dinsos Situbondo, Timbul Surjanto usai diwawancarai oleh Jurnalis Kliktimes.com terkait persiapan penyaluran BLT DBHCHT. (Dok. Lensa Nusantara)

Situbondo, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Sosial (Dinsos) telah menerima data calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023. Data tersebut berasal dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan).

Kepala Dinsos Situbondo, Timbul Surjanto menyampaikan, data calon penerima BLT DBHCHT Tahun 2023 berjumlah 6487.

Example 300x600

“Karena kuota penerima BLT DBHCHT ini 3697 orang, makan kami akan melakukan verifikasi faktual (Verfal),” ujarnya, Selasa (7/11/2023).

BACA JUGA :  Melalui DBHCHT, Pemkab Pamekasan Sosialisasikam Cukai Kepada Ormas dan LSM

Lebih lanjut, Timbul menyampaikan, untuk melakukan Verfal ini Dinsos Situbondo sudah berkirim surat ke Kecamatan. “Verfal penerima BLT DBHCHT dilakukan oleh pihak desa yang bekerjasama dengan kecamatan,” bebernya.

Ditargetkan, pada tanggal 28 Oktober ini data hasil Verfal penerima BLT DBHCHT sudah disetorkan ke Dinsos Situbondo.

“Setelah itu, kami tinggal menyiapkan Perbup nya untuk ditandatangani oleh Bapak Bupati,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Musim Kemarau Akibatkan Kekurangan Air Bersih, Bupati Situbondo Salurkan Ratusan Jerigen untuk Warga Terdampak

Menurutnya, total ada 3697 penerima BLT DBHCHT tersebut tersebar di 14 kecamatan yang menjadi sentra penghasil tembakau. Mereka terdiri dari buruh pabrik rokok sebanyak 151 orang, buruh pabrik rokok yang terkena PHK ada 10 orang, serta buruh tani tembakau sebanyak 3.539 orang.

“Yang tidak dapat kuota BLT DBHCHT ada tiga kecamatan. Yaitu Situbondo, Mangaran, dan Panji. Larena memang wilayahnya tidak masuk katagori penghasil tembakau,” katanya.

BACA JUGA :  Elvy Sukaesih Hingga Farel Prayoga Siap Meramaikan Malam Penghargaan 'Anugerah Dangdut Indonesia 2022'

Untuk merealisasikan program ini, lanjut Timbul, Pemkab Situbondo menggelontorkan anggaran hingga Rp3,3 miliar lebih. “Sumber anggarannya berasal dari DBHCHT Tahun 2023,” pungkas Mantan Camat Kendit ini.(Ark/ADV)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.