Berita

Satgas Pangan Dairi Sidak Pasar Jelang Nataru, Pastikan Ketersediaan dan Harga Sembako

×

Satgas Pangan Dairi Sidak Pasar Jelang Nataru, Pastikan Ketersediaan dan Harga Sembako

Sebarkan artikel ini
Satgas pangan Kabupaten Dairi saat sedang mewawancarai salah seorang pedagang cabai rawit di Pasar Sumbul

Dairi, LENSANUSANTARA.CO.IDTim Satgas Pangan Dairi melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait kebutuhan bahan pokok di Pasar Sumbul pada hari Selasa (20/12/2022). Hal ini dilaksanakan untuk memastikan ketersediaan logistik bahan pokok di Kabupaten Dairi.

Dari hasil sidak yang dilakukan Satgas Pangan mendapati beberapa harga bahan pokok mangalami kenaikan harga seperti cabai dan berbagai sayur sayuran.

Example 300x600

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dairi, Budianta Pinem, Kapolres Dairi, AKBP Wahyudi Rahman didampingi Dirut PD Pasar Dairi, Jhontoni Butar Butar bersama rombongan mendatangi beberapa pedagang untuk berbincang dan menanyakan beberapa hal terkait harga bahan pokok, ketersediaan dan distribusinya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman mengingatkan seorang pedagang petasan yang sedang berjualan didalam pasar agar tidak menjual petasan kepada anak dibawah umur karena dianggap berbahaya dan bisa menimbulkan korban jiwa.

BACA JUGA :  Makin Menjamur, Fenomena Warna Plat Mobil Dinas Pemkab Bondowoso Disulap Menjadi Hitam

“Awas jangan jual petasan ma anak anak ya.!, kalau ketahuan jual petasan ama anak dibawah umur urusan sama kita kamu nanti,” ujar Kapolres kepada pedagang petasan.

“Kami hadir disini Forkopimda, PD Pasar dan TNI untuk memastikan kebutuhan, terutama sembako dan bapokting (bahan pokok penting) masyarakat itu tercukupi di Kabupaten Dairi,” ucap Kapolres saat memberi keterangannya setelah selesai melakukan Sidak di Pasar Sumbul.

Menurut Kapolres, yang mana pihaknya hari ini mulai di Pasar Sumbul dan menemukan ketersediaan bapokting secara umum itu ada.

“Namun menjelang Natal dan Tahun Baru beberapa komoditi itu mengalami kenaikan harga, tapi tidak signifikan,” imbuh Wahyudi.

BACA JUGA :  Diduga Terpapar Covid-19, Akhirnya Pasien Bumil Melahirkan Dengan Lancar

Kapolres menghimbau masyarakat pembeli dan penjual dalam melakukan aktivitas dagangannya agar selalu mematuhi rambu rambu peraturan sesuai dengan Permendag, yaitu Peraturan Menteri Perdagangan tentang fluktuasi harga.

“Dan alhamdulillah di Kabupaten Dairi secara umum dapat mengendalikan hal tersebut,” tukas Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman mengakhiri.

Sementara itu Sekda Budianta Pinem mengucapkan syukur karena didapati fluktuasi harga bahan kebutuhan pokok di pasar normal.

“Kita bersyukur ternyata dari hasil peninjauan pasar tadi suplay bahan pokok tidak ada masalah. Jadi kita berharap pada seluruh warga masyarakat Dairi jangan khawatir kemungkinan kenaikan harga karena adanya hambatan pasokan,” jelas Sekda.

“Tadi Saya dengan Bapak Kapolres telah melakukan wawancara langsung dengan distributor, dengan pengecer dan tidak didapati hambatan suplai pasokan kita,” tambahnya.

BACA JUGA :  Cepat Dan Tanggap ! ! !SatSabhara Polres Situbondo Amankan Pelaku dari Amukan Warga

“Jadi ini mungkin yang mau kita sampaikan kepada masyarakat, jangan khawatir ini di awal sebelum Natal dan Tahun Baru kita sudah melakukan sidak meyakinkan masyarakat bahwa Pemerintah hadir melakukan pembinaan kepada seluruh masyarakat pedagang kita,” pungkas Budianta Pinem.

Terlihat hadir juga dalam rombongan sidak Kasat Reskrim Polres Dairi Akp Rismanto J. Purba, Asisten II, Jon Waslin Purba, Kadishub, Parulian Sihombing, Kasat Pol PP, Junihardi Siregar, Kabag Perekonomian, Lipinus sembiring, Kasat lantas Polres Dairi, AKP Hefliandri. (Mula)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.