Religi

Keistimewaan Hari Jumat, Perintah Allah Langsung dan Terciptanya Manusia Pertama, Berikut Ulasannya

×

Keistimewaan Hari Jumat, Perintah Allah Langsung dan Terciptanya Manusia Pertama, Berikut Ulasannya

Sebarkan artikel ini
Polres Bondowoso
Gerakan subuh keliling jajaran Polres Bondowoso (Foto. Dok Humas Polres)

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Hari Jumat termasuk hari istimewa bagi umat muslim. Perintah mengerjakan sholat Jumat tertuang dalam Al-Quran yakni surat Al-Jumuah ayat 9 :

Example 300x600

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ.

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”. (QS. Al Jumuah:9).

Keistimewaan pada hari Jumat yang selanjutnya yaitu salah satu waktu yang mustajab untuk meminta dan memohon kepada Allah SWT. Pada hari itu, terdapat saat dimana Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan hambaNya yang beriman.

BACA JUGA :  Wawako Padangsidimpuan Memulai Safari Penyambutan Maulid Nabi Muhammad SAW Perdana di Kelurahan Batang Ayumi Julu

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya pada hari Jumat itu terdapat saat yang tidak mendapatkannya seorang hamba muslim, sedang ia berdiri salat meminta suatu kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan memberi apa yang dimintanya.” (HR. Malik, Ahmad, Muslim, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Disamping itu, Menurut sebuah riwayat, Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS, memasukkan ke surga, dan menurunkan ke bumi pada hari Jumat.

BACA JUGA :  Majelis Taklim Al-Akhbar PWI Kabupaten Bogor, Gelar Pengajian Akhir Tahun 2020

Hal ini bersandar pada sebuah hadits yang termuat dalam Kitab Shahih Muslim. Diriwayatkan, dari az-Zuhri, dari al-A’raj, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Sebaik-baik hari yang padanya matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu juga beliau dimasukkan ke surga dan pada hari itu pula beliau dikeluarkan dari surga.” (HR Muslim)

Kisah penciptaan Nabi Adam AS pada hari Jumat turut diceritakan Imam Ibnu Katsir dalam buku Qashash al-Anbiyaa. Diceritakan, Allah SWT telah memberitahukan kepada para malaikat mengenai penciptaan Nabi Adam AS melalui firman-Nya,

BACA JUGA :  Doakan Probolinggo Terhindar dari Bencana, Remas Baiturrahman Adakan Istighosah

“Sesungguhnya, Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” (QS Al Baqarah: 30)

Begitu istimewanya hari Jumat, sampai Allah dan rasulNYA mewajibkan untk melaksanakannya kepada kaum muslimin.  Allah menyediakan pahala berlipat dan ampunan di hari Jumat. (Ubay)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.