Berita

Upaya Pemkab Dairi Mengembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang

×

Upaya Pemkab Dairi Mengembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang

Sebarkan artikel ini
Tim juri saat melakukan penilaian kopi yang diseduh oleh Barista

Dairi, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi, Sumatera Utara terus berupaya mendorong kebangkitan kopi Sidikalang agar kembali berjaya. Dengan kebangkitan kopi Sidikalang diharapkan akan berdampak pada kesejahteraan hidup petani kopi.

Festival Kopi yang digawangi Disperindag Dairi di Gedung Djauli Manik Sidikalang, Kamis (29/12/2022) merupakan salah satu upaya yang dilakukan setelah pengadaan 5 juta bibit kopi. Yang mana saat ini 1.800.000 bibit sudah tersalurkan dan telah ditanam oleh masyarakat Dairi.

Example 300x600

Festival ini diikuti oleh 23 peserta yang kebanyakan telah pernah mengikuti Pelatihan Pelatihan yang diadakan Pemkab Dairi beberapa waktu lalu. Peserta juga merupakan para pelaku usaha kopi, baik itu warung kopi biasa ataupun kafe yang tersebar di Kabupaten Dairi, khususnya Sidikalang.

Festival Kopi dibuka secara langsung oleh Bupati Dairi Edy K. Berutu. Dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu isu strategis prioritas pembangunan Kabupaten Dairi adalah mewujudkan Agri Unggul, yaitu dengan mengembangkan pengelolaan pertanian yang cerdas dan berbasis teknologi.

Meningkatkan produksi dan pengolahan produk pertanian khususnya komoditas pertanian unggulan untuk memberi nilai tambah (value added) yang berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, ketahanan pangan serta daya saing daerah Kabupaten Dairi dengan peningkatan produktivitas lahan melalui penerapan pertanian berbasis teknologi (smart farming) yang menjadi salah satu solusi untuk peningkatan kualitas dan kuantitas pertanian.

BACA JUGA :  Wisuda Purna Siswa Angkatan ke-XX Tahun Ajaran 2022-2023 SMKS Pariwisata Prima Sidikalang Dairi Penuh Prestasi

“Dengan demikian saya harapkan komitmen stakeholders teknis terkait, khususnya perangkat daerah dan pelaku usaha kopi untuk mewujudkan kejayaan kopi Sidikalang sebagai Produk Unggulan Daerah dan mensejahterakan perekonomian masyarakat,” tegas Edy Berutu saat menutup sambutannya.

Sementara itu Iwan Teruna Berutu Kadisperindag Dairi menjelaskan kegiatan ini adalah untuk menyamakan frekuensi antara beberapa pemangku kepentingan diantaranya komunitas petani kopi dengan pemerintah bersama stakeholder yang terkait termasuk juga pihak Bank, bahwasanya perlu satu komitmen besar terkait kopi di Kabupaten Dairi.

Iwan Berutu menerangkan bahwa Komunitas Petani kopi, pelaku usaha kopi baik itu warung biasa maupun kafe yang ada di seputaran Dairi, BPODT (Badan Pelaksana Otorita Danau Toba), stakeholder pertanian dan pariwisata, Bank BI, dan Asosiasi Pengusaha Kopi turut diundang menghadiri pagelaran Festival Kopi tersebut.

BACA JUGA :  Bupati Dairi bersama Kapolres dan Dandim 0206 Mengecek POS PAM Lebaran di Eks Timbangan Simp. Salak

“Pertama kita harus meningkatkan kwalitas kopi agar sesuai dengan permintaan pasar, baik itu nasional maupun internasional. Kemudian yang ke dua kita juga harus meningkatkan kuantitas melalui peremajaan kopi. Agar ke depan hasil kopi kita lebih banyak dengan kualitas yang baik dan benar benar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” sebut Iwan Berutu.

“Kita juga perlu memperkenalkan pada orang orang diluar Dairi bahwasanya eksistensi Kopi Sidikalang itu masih ada, kemudian pengusaha kopi di Dairi pada umumnya sudah mengikuti cara cara yang dilakukan oleh para pelaku pelaku usaha kopi yang ada diluar Dairi. Dimana Barista disini pun sudah mengikuti tata cara yang dilakukan di kota,” tambah Iwan sambil menerangkan bahwa kedepannya akan didirikan pengelolaan kopi kapsul di Kabupaten Dairi.

“Kita selama setahun ini banyak melakukan pelatihan, termasuk pelatihan Barista juga pelaku usaha kopi. Dari sisi penyajian kita melatih barista. Saat ini lah kita melihat seperti apa dari hasil hasil pelatihan yang mereka terima melalui festival ini,” pungkas Iwan.

BACA JUGA :  Perwakilan Punguan Borsak Mangatasi Lakukan Klarifikasi ke RSUD Sidikalang Dairi

Ada 2 jenis lomba yang dipertandingkan yaitu lomba penyajian rasa V60 dan latte. Ada 4 orang juri Barista yang sudah mendapat Sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang didatangkan dalam Festival Kopi ini yaitu, Nourin Situmorang Barista di Science Coffe dan Darks Coffe, Nando Simanjuntak Barista dan juga pemilik On Do Lintong coffe, Deni Sitohang Barista Omerix Coffe dan Yomvin Barista di Noxi Coffe.

Berikut daftar nama pemenang dalam Festival Kopi 2022 Dairi :

Lomba penyajian V60
Juara 1 : Cosmas Batubara
Juara 2 : Kokon Noor Sihotang
Juara 3 : Syafi’i Lubis
Harapan 1 : Astri Sianturi
Harapan 2 : Ferdinand
Harapan 3 : Advend H. Limbong
Lomba Latte
Juara 1 : Adnan Supri Kudadiri
Juara 1 : Ferdhi Ervananda
Juara 3 : Fery

Tiap pemenang berhak atas Sertifikat dan uang pembinaan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perindutrian dan Perdagangan Dairi.**

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.