Daerah

Akibat Tambang Pencucian Pasir, Air Sungai Kali Sapi Banjarnegara Berubah Warna

×

Akibat Tambang Pencucian Pasir, Air Sungai Kali Sapi Banjarnegara Berubah Warna

Sebarkan artikel ini
Air sungai kali sapi di Banjarnegara berubah warna, akibat penambangan pasir yang melakukan pencucian, Selasa (17/1/2023). (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara)

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Akibat aktivitas pencucian pasir dari beberapa tambang yang berada di Desa Petir, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, air sungai di kali sapi menjadi keruh dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan karena tercemar limbahnya.

Dalam pantauan Lensa Nusantara ke lokasi pertambangan, selain alat berat, terlihat puluhan mobil dam truk berlalu lalang mengangkut pasir. Menurut warga sekitar, aktivitas penambangan yang sudah bertahun-tahun tersebut.

Example 300x600

” Sudah bertahun – tahun kalau penambangan disini mas,” ungkap S, yang ditemui di warung kopi, Selasa (17/1/2023).

Tidak hanya pencemaran sungai, tambang pasir selama ini merusak jalan milik Desa, sehingga banyak jalan yang sudah di rabat beton menjadi rusak, dan berlumpur. Hal inilah terkadang sering dikeluhkan masyarakat sekitar.

“Jalan seperti ini sudah lama, jadi masyarakat sini sudah biasa, mau mengeluh ke siapa, lapor siapa kita juga tidak tahu, kalau mau lapor pun juga paling tidak ditanggapi,” ungkap S.

Meskipun aktivitas tersebut, sudah berjalan lama, anehnya Dinas terkait seolah tutup mata dan membiarkan terkait pencemaran sungai yang sudah berjalan lama tersebut. (GN)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.