Advertorial

Kisah Nelayan Selamatkan Paus yang Terdampar di Panipahan

×

Kisah Nelayan Selamatkan Paus yang Terdampar di Panipahan

Sebarkan artikel ini
Panipahan

Example 300x600

ROHIL, LENSANUSANTARA.CO.ID – Puluhan nelayan di Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Sabtu (20/5/2023), berjuang gigih demi menyelamatkan seekor paus yang tersesat dan terdampar di perairan dangkal Pantai Panipahan.

Paus yang berukuran besar itu terperangkap di permukaan lumpur air laut, dalam kondisi lemah dan tak berdaya.

“Paus ukuran besar ini terdampar di atas permukaan lumpur air laut di pantai Panipahan dalam kondisi lemah dan tak berdaya,” ungkap Marzuki, Ketua HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Panipahan melansir GoRiau.com, Minggu (21/5/2023).

Dilanda rasa prihatin, para nelayan berinisiatif bergerak cepat memberikan pertolongan. Mereka berjibaku selama lebih dari tiga jam, dengan menggunakan tali dan peralatan seadanya, serta mendayung belasan kapal ikan mereka untuk menggiring paus tersebut kembali ke laut lepas.
“Para nelayan Panipahan berusaha keras menyelamatkan nyawa ikan paus ini. Lebih dari tiga jam mereka berjibaku, menggunakan berbagai cara untuk menggiringnya menuju laut lepas,” lanjut Marzuki.

BACA JUGA :  Tahun 2021, DBHCHT Pamekasan 50% untuk Kesejahteraan Masyarakat

Aksi heroik ini akhirnya membuahkan hasil. Satwa langka tersebut berhasil digiring ke laut lepas, sekitar tiga mil dari Pantai Kota Terapung Panipahan.
“Warga nelayan Panipahan dan masyarakat lainnya sempat gempar melihat ikan paus terdampar di perairan Panipahan,” kata Suwarno, Camat Panipahan, saat dimintai komentarnya, Minggu (21/5/2023).

BACA JUGA :  Bupati Bondowoso Hadiri Khitanan Massal di Kecamatan Binakal

Seperti diberitakan sebelumnya, seekor ikan paus berukuran jumbo terdampar di perairan Panipahan, Rokan Hilir, Riau, Sabtu (20/5/2023).

Peristiwa itu mengagetkan warga nelayan di daerah tersebut dan secara spontan melakukan pertolongan untuk mengarahkan kembali ikan tersebut ke laut lepas.
“Ikan paus ukuran besar ini terdampar di atas permukaan lumpur air laut di pantai Panipahan dalam kondisi lemah dan tak berdaya,” ujar Marzuki, Ketua HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Panipahan, Minggu (21/5/2023).

BACA JUGA :  Menuju HUT ke-65 Astra, Kobarkan Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

Dia membenarkan bahwa nelayan tempatan berhasil menemukan dan berusaha menyelamatkan ikan paus tersebut. Paus yang berada dalam keadaan tak berdaya itu membutuhkan bantuan untuk dapat kembali ke habitat aslinya di laut lepas.

Suwarno, Camat Panipahan, juga membenarkan peristiwa tersebut. “Warga nelayan Panipahan dan masyarakat lainnya sempat gempar melihat ikan paus terdampar di perairan Panipahan,” kata Suwarno saat dimintai komentarnya, Minggu (21/5/2023). **

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.