Berita

Wujudkan Inovasi Berkelanjutan, Perwira PT KPI RU Dumai Boyong 10 Penghargaan di Ajang APQ Award

×

Wujudkan Inovasi Berkelanjutan, Perwira PT KPI RU Dumai Boyong 10 Penghargaan di Ajang APQ Award

Sebarkan artikel ini
VP Production Planning & Monitoring
Perwira PT KPI RU II Pemenang APQA 2023 kategori Platinum, RT Prove Rocker 2.0.

Dumai, LENSANUSANTARA.CO.ID – Berkat keberhasilan dalam mewujudkan program inovasi berkelanjutan yang berdampak besar bagi Perusahaan, Perwira PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai raih penghargaan tertinggi dalam ajang Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2023 yang digelar di Grha Pertamina Jakarta, Jumat (26/5).

Sebanyak 10 penghargaan berhasil diraih oleh gugus bentukan Perwira PT KPI RU Dumai, yaitu 2 penghargaan kategori PLATINUM yang diraih oleh RT Prove Rocker 2.0 dan PC Prove Minion, 6 penghargaan kategori GOLD yang diraih PC Prove Tanker, FT Prove Firgon, RT Prove TG-Rangers Pro, PC Prove Keris Semar, PC Prove Ri-Co, dan PC Prove Seas, serta 2 penghargaan katergori SILVER yang diraih oleh PC Prove Methavers dan I Prove Adiguna.

Example 300x600

Raihan ini melampaui prestasi tahun sebelumnya yang diraih oleh PT KPI RU Dumai di ajang yang sama dengan 8 penghargaan, yang terdiri dari 4 Platinum dan 4 Gold.

BACA JUGA :  Polsek Kanor Bojonegoro Gelar Gebyar Vaksinasi di Balai Desa Kanor

VP Production Planning & Monitoring, Permono Avianto, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian yang diraih oleh masing-masing gugus. “Capaian luar biasa telah berhasil ditorehkan oleh Perwira PT KPI RU Dumai berkat semangat continuous improvement yang berhasil diwujudkan menjadi program nyata yang berdampak besar bagi kemajuan perusahaan,” ujarnya.

APQA sendiri merupakan agenda rutin tahunan Pertamina sebagai wujud apresiasi atas hasil karya inovasi dan perbaikan berkelanjutan yang dicipta oleh Perwira Pertamina di seluruh Indonesia yang memiliki dampak besar kepada Perusahaan terkait efisiensi energi, diversifikasi produk, maupun peningkatan margin Perusahaan.

Dalam sambutannya, Direktur SDM PT Pertamina (Persero), Erry Sugiharto, menjelaskan bahwa Acara APQ Awards ini adalah motivasi kita untuk terus berinovasi guna menghadapi kemajuan teknologi 5.0 dimana sekarang sudah banyak produk teknologi seperti Artificial Intelligence, Robotic Machine dan teknologi lainnya yang terus berkembang dan berjalan beriringan dengan aktivitas operasional.

BACA JUGA :  Camat Sungai Sembilan Dumai Tinjau Perbaikan Jembatan Sungai Mesjid

“Kemajuan teknologi dapat kita maknai secara positif dimana kemajuan teknologi ini dapat menjadi alat untuk memecahkan masalah dan mengembangkan inovasi di perusahaan.” terangnya.

Erry juga menambahkan bahwa dalam membangun citra perusahaan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang, aspek penting yang harus diperhatikan adalah budaya inovasi. Budaya inovasi harus diberdayakan guna terciptanya suatu pemikiran yang baru untuk perusahaan. Hal ini dapat menciptakan kerangka kerja bagi Perwira Pertamina untuk berpikir out of the box sehingga mampu berkembang lebih baik lagi dalam berinovasi untuk perusahaan.

Semangat Invoasi Perwira RU Dumai

Sejumlah tema inovasi yang direalisasikan melalui program-program dibawakan Perwira PT KPI RU Dumai dalam ajang APQA tahun 2023 ini. Seperti peraih kategori Platinum, RT Prove Rocker 2.0, yang mempresentasikan tentang inovasi new configuration loading catalyst reaktor hydrobon & eksalasi injection rate antifoulant (new-rocker) dalam menjamin ketahanan gasoline nasional dan meningkatkan operasional availability terkait performa unit platforming.

BACA JUGA :  Pemerintah Minta Doa Puluhan Anak Yatim dan Seluruh Tim Gabungan Agar Karhutla Segera Padam

Sedangkan peraih kategori Platinum lainnya, PC Prove Minion, mempresentasikan risalah dengan judul “Mewujudkan strategi profitability dan sustaiability PT KPI Terkait Crude & Intake Selection Melalui Rekayasa Pola Operasi & Super-Heavy Crude Management di Kilang RU II Dumai.”

Salah satu perwakilan pemenang penghargaan PLATINUM dari RT Prove Rocker 2.0, Saeful Sampe, menuturkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh segenap tim manajemen serta fasilitator, dan mengajak seluruh Perwira Pertamina untuk terus berinovasi.

“Mari jadikan Continuous Improvement Program ini tidak hanya sekedar risalah tertulis, tetapi program nyata yang memiliki value creation sehingga dapat meningkatkan kinerja dan keandalan Perusahaan. Semoga kita semua bisa terus berprestasi di hari yang akan datang,” tutupnya.**

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.