Berita

Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Gelar Pameran Galeri Hasil Karya WBP

×

Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Gelar Pameran Galeri Hasil Karya WBP

Sebarkan artikel ini
Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan
Plt Kalapas Narkotika Pamekasan saat menunjukkan miniatur kapal hasil kreativitas narapidana yang terbuat dari bahan bambu. Sabtu 03/6/2023 pagi. (Foto : Rofiuddin/LensaNusantara)

Pamekasan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan, Kemenkumham Jatim menggelar acara pameran galeri hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di halaman kantor setempat di Jl. Pembina, Kelurahan Jungcangcang, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten, Madura, Jawa Timur, Sabtu (03/6/2023) pagi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi menyampaikan, mewakili pembinaan keterampilan ada hasil karya miniatur kapal-kapalan dan motor-motoran menggunakan bahan bambu juga ada kreativitas dari kertas koran dan vas bunga, pot dari bungkus rokok yang dipadukan dengan daun yang terbuat dari bahan kantong kresek, kemudian ada lampu dinding dari bahan paralon.

Example 300x600

“Karyanya banyak sekali, ini kita sebagian yang dikeluarkan (dipamerkan) hasil dari kreativitas warga binaan,” ujar Kalapas.

BACA JUGA :  Musrenbang RKPD Kabupaten Bondowoso Tahun 2023 Dihadiri Dandim 0822

Kalapas Eddy Junaedi juga menjelaskan bahwa hasil karya WBP tersebut saat ini sudah banyak yang terjual. “Kemudian kita punya bakery, kebetulan didalam kita ada pembuatan roti oleh narapidana kita dan itu dijual setiap hari di kalangan kita. Mereknya ‘Kayna Bakery’ (karya narapidana) dan harganya lebih murah daripada yang diluar,” ucapnya.

BACA JUGA :  Ponakan Diduga Aniaya Pamannya di Pamekasan Karena Menegur Saat Telfonan Dekat Bapaknya yang Sakaratul Maut

Untuk kedepan pihaknya akan mencarikan pangsa pasar yang lebih luas agar kemudian hasil karya WBP ini bisa diterima di masyarakat.

“Namun yang lebih penting dari kita adalah memberikan skill dan lifeskill kepada warga binaan kita supaya ketika mereka bebas dari Lapas ini mereka punya keterampilan, sehingga mudah untuk mencari pekerjaan,” harap Eddy Junaedi.

BACA JUGA :  Berikan Penghargaan Kepada Sejumlah Netizen, Kapolres Trenggalek: Aktif Edukasi Bijak Bermedsos

Sejauh ini, pihaknya melakukan pemasarannya masih melalui berbagai platform media sosial Instagram dan Facebook. “Kan ada kunjungan. Nah dari keluarga narapidana yang berkunjung, mereka membeli produk kita,” jelasnya. (Rofiuddin)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.