Daerah

Tertuang Dalam Musdes, Pemdes Nusuk Kaur Perbaiki Jalan Sentral Produksi Pertanian dan Perkebunan

×

Tertuang Dalam Musdes, Pemdes Nusuk Kaur Perbaiki Jalan Sentral Produksi Pertanian dan Perkebunan

Sebarkan artikel ini
Kepala Desa Nusuk
Pemdes Nusuk saat melakukan titik nol kegiatan. Senin, 05 Juni 2023. (Foto: Dokumen/LensaNusantara)

Kaur, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Nusuk, Kecamatan Semidang Gumay, Kabupaten Kaur melakukan perbaikan jalan sentral produksi menuju area lahan pertanian sawah dan kebun masyarakat, mengingat jalan tersebut adalah salah satu sarana pendukung untuk mengeluarkan hasil pertanian yang belakangan ini sudah rusak. Perbaikan ini menggunakan Dana APBN Dana Desa Nusuk tahun anggaran 2023.

Dikatakan Kepala Desa Nusuk, Mahyen, bahwa perbaikan jalan ini atas usulan masyarkat yang tertuang dalam Musdes tahun lalu dari beberapa usulan yang ada dengan sistem pekerjaan padat karya tunai sesuai dengan Permendes No 8 tahun 2022 tentang penggunan Dana Desa tahun 2023.

Example 300x600

“Perbaikan jalan sentral produksi pertanian ini atas dasar usulan masyarakat, sesuai dengan perintah Permendes No 8 tahun 2022, sistem pekerja harus padat karya tunai dengan manfaatkan SDM masyarakat yang ada. Alhamdulillah pekerjanya masyarakat Nusuk semua mulai dari pengangkutan material sampai dengan pekerjaannya,” ucap Kepala Desa kepada awak media. Senin, (5/6/2023).

BACA JUGA :  Sekretaris DPD PSI SBB: Kami Siap Bersaing Satu Fraksi Utuh di 2024 dengan Parpol Lain

Adapun panjang perbaikan jalan atau tambal sulam menuju lahan pertanian ini sepanjang 166 meter dengan harapan bisa memperlancar dan mempermudah para petani untuk mengeluarkan hasil pertaniannya. Mahyen juga berpesan agar masyarakat Desa Nusuk bisa merawat dan menjaga jalan yang sudah di perbaiki ini nanti.

BACA JUGA :  DPRD Setujui Usulan Pemda Kaur Pengangkatan 160 Guru Honorer Jadi ASN PPPK Tahun 2023

“Saya berpesan kepada masyarakat agar bisa menjaga dan merawat jalan yang sudah kita perbaiki ini nantinya, karena kalau bukan kita siapa lagi. Ya harus sadar kalau muatan mebihi batas kapasitas maksimum jalan jangan dipaksakan, agar jalan tidak mudah cepat hancur,” imbuhnya.

Disisi lain, Harlan masyarakat Desa Nusuk sangat berterimakasih atas diperbaikinya jalan sentral pertanian dan perkebunan tersebut, Hal ini di ungkapkannya yang juga merupakan pengguna jalan.

“Jalan pertanian dan perkebun ini adalah jalan sentra utama, dengan ada perbaikan jalan tersebut kami masyarakat sangat terbantu karena selama ini kami pengguna jalan memperbaiki dengan cara swadaya,” terangnya.

BACA JUGA :  Perda Muba Tentang Pesta Rakyat Dinilai Berpotensi Merugikan Masyarakat

“Sebelum di perbaiki kami banyak mengeluarkan dana operasional untuk pengangkutan kelapa sawit dengan cara ojek motor sampai ke baru tempat yang bisa di ambil oleh mobil, dengan jalan tersebut sudah di perbaiki maka roda 4 bisa menjangkau lahan kami yang mayoritas lahan yang dijangkau oleh jalan ini adalah masyarakat Desa Nusuk, sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Nusuk yang telah mendengar aspirasi kami,” tutup Harlan. (SMI)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.