Pemerintahan

Akurasi Data Kependudukan, Wali Nagari Simpang Tonang Utara Undang Dukcapil Pasaman

×

Akurasi Data Kependudukan, Wali Nagari Simpang Tonang Utara Undang Dukcapil Pasaman

Sebarkan artikel ini
Wali Nagari Simpang Tonang Utara
Antusiasme masyarakat dalam pelayanan data kependudukan di halaman Kantor Wali Nagari Simapang Tonang Utara (8/6). (Foto : Ghani/LensaNusantara).

Pasaman, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam rangka melaksanakan pelayanan dan akurasi data kependudukan, pemerintahan Nagari (Desa) Simpang Tonang Utara, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman mengajukan permohonan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pasaman agar bisa berkunjung langsung ke tengah-tengah masyarakat, (8/6/2023).

Ottrinaldi, S.Pd. Wali Nagari (Kepala Desa) Simpang Tonang Utara mengatakan, akurasi data kependudukan sangat penting agar proses pembangunan di berbagai bidang tepat sasaran. Apalagi Nagari Simpang Tonang Utara baru mekar, dimana hampir 90 persen data kependudukan masyarakat masih menggunakan alamat nagari simpang tonang, (Nagari Induk).

Example 300x600

“Data kependudukan yang akurat merupakan bagian dari faktor pendorong proses percepatan pembangunan di berbagai bidang. Apalagi, dalam hal pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Ottrinaldi.

BACA JUGA :  Bupati Pasaman Pimpin Upacara Peringatan HAB Kemenag Ke-77

Untuk itu, upaya pemutakhiran data kependudukan harus segera dilaksanakan, agar ketepatan sasaran pembangunan di Nagari Simpang Tonang Utara dapat terus ditingkatkan.

BACA JUGA :  BKKBN Jatim bersama DP3AKB Jember Lakukan Sosialisasi Tentang Kita

“Berbagai upaya sudah dilakukan mulai dari memberdayakan kepala jorong untuk mensosialisasikan pentingnya data kependudukan yang akurat, sampai kepada pengumuman atau himbauan pemberitahuan akan adanya kunjungan dan pelayanan Dinas Pencatatan Sipil di Kantor Wali Nagari Simpang Tonang hari ini,” sebut Ottrinaldi.

“Himbauan tersebut dilakukan melalui surat pemberitahuan ke seluruh pengurus masjid se-Nagari Simpang Tonang Utara. Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi dalam pengurusan data kependudukan hari ini,” imbuh Wali Nagari.

BACA JUGA :  Bupati Sampaikan LKPJ Tahun 2022, IPM Bojonegoro Naik Kelas dari Kategori Sedang ke Tinggi

“Berkat kerjasama tim kunjungan Dukcapil Pasaman dan perangkat nagari Simpang Tonang Utara, 653 Kartu Keluarga, 39 Rekam KTP dan 9 penggantian KTP selesai diperbaharui hari ini,” pungkasnya. (Ghani).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.