TNI

Dandim 0711/Pemalang Tutup Secara Resmi TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2023 di Desa Widodaren

×

Dandim 0711/Pemalang Tutup Secara Resmi TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2023 di Desa Widodaren

Sebarkan artikel ini
Dandim 0711/Pemalang
Dandim 0711/Pemalang Saat Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2023, Kamis ( 8/6/2023 ) di Lapangan Desa Widodaren, Dok. Foto : Alwi Ass

Pemalang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Kodim 0711/Pemalang menggelar acara penutupan TMMD Sengkuyung tahap I TA. 2023, bertempat di Lapangan desa Widodaren kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang yang bertemakan “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, Kamis (8/6/2023).

Example 300x600

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Danramil 13/Pulosari Kapten Inf Mahmudin dan diikuti pasukan upacara dari Satuan Korsik Pemda Pemalang, Anggota Kodim 0711/ Pemalang, SatRadar 214/Tegal, Lanal Tegal, Polres Pemalang, Satpol PP Kab Pemalang, Prangkat Desa, Linmas, PNS Kec. Petarukan, Fatayat NU, Pramuka dan OSIS.

Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Widi Prasetijono dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Irup Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P.,selaku Komandan satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ,meyampaikan, program TMMD merupakan salah satu upaya TNI dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kewilayahan. Program TMMD yang dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD) ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia yang sebagian besar tinggal di daerah pedesaan. TMMD juga dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan.

BACA JUGA :  Lapangan Tembak Wirasaka Kodim 0115/Simeulue diresmikan Dandim Letkol. Inf Yogi Bahtiar

Selanjutnya, Kodam IV/Diponegoro menggelar program TMMD Reguler ke-116 secara tersebar di Kabupaten Pekalongan, Kebumen, Kudus, dan Kota Surakarta. dengan tema TMMD ke-116 TA 2023 yaitu “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

“Pangdam merasa bangga, berkat kerja sama dan kerja keras para anggota TNI-Polri, Pemda dan masyarakat, sasaran TMMD baik fisik maupun non fisik dapat tercapai. Sasaran fisik TMMD berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur sedangkan, sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara, Ketahanan Nasional, Stunting, Posyandu, dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) juga dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat” tuturnya.
“Panglima Kodam IV/Diponegoro sekaligus sebagai Pengendali Kegiatan Operasi (PKO), mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan, sejak tanggal 10 Mei sampai dengan 8 Juni 2023, saling bahu- membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD ke-116, tambahnya

BACA JUGA :  Babinsa Desa Gunungsari Pro Aktif Dampingi Posyandu di Desa Binaannya

Pada akhir amanatnya Pangdam IV/Diponegoro juga sampaikan beberapa perhatian antara lain Pelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi. Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.
Selain itu juga kepada para Dansatgas TMMD, segera lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang. Kelima. Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

BACA JUGA :  DPAC FKDT Bantarbolang Pemalang Gelar Halal Bihalal Sekaligus Penularan Hasil Bintek Inovasi Madrasah

Sebagai tanda ditutupnya TMMD Sengkuyung I Tahun 2023 di desa Widodaren kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD secara simbolis menerima alat peralatan kerja dari perwakilan pekerja TMMD, penandatangan naskah berita acara dan penyerahan berita acara hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2023 dari Dansatgas TMMD kepada Plh Bupati Pemalang Moch Sidik.

Selesai upacara penutupan Dandim 0711/Pemalang bersama unsur Forkopimda meninjau hasil pelaksanaan Program TMMD Sengkuyung tahap I TA. 2023 di desa Widodaren kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang dilanjutkan pengguntingan pita .

Kegiatan tersebut juga dihadiri Plh. Bupati Pemalang Moch Sidik, Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika, SH., SIK., Wakapolres Pemalang Kompol Gunawan Wibisono, OPD Kab. Pemalang, Muspika Kec. Petarukan, Persit KCK Cab. XXI Kodim 0711/ Pemalang. ( Alwi Ass )

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.