Berita

Hadiah Menggiurkan, 300 Lebih Peserta Ikuti Lomba Mancing Mania di Embung Rawa Bener Banyumas

×

Hadiah Menggiurkan, 300 Lebih Peserta Ikuti Lomba Mancing Mania di Embung Rawa Bener Banyumas

Sebarkan artikel ini
Panitia Lomba Mancing Mania
Ratusan peserta lomba mancing mania, mempersiapkan diri dilokasi lomba di Embung Rawa Bener, Banyumas. Rabu (7/6/2023) malam. (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara).

Banyumas, LENSANUSANTARA.CO.ID – Lebih dari 300 peserta mengikuti lomba mancing di Rawa Bener, Desa Piasa Kulon, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, untuk memperebutkan hadiah mencapai total Rp.37.150.000.

Dalam pengamatan lensanusantara.co.id, dilokasi lomba mancing mania yang berada di perbatasan Kabupaten Banjarnegara – Banyumas itu, terlihat ratusan peserta yang datang dari Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, sesuai dengan nomor urut masing – masing, terlihat berjejer di tepian embung rawa bener yang juga sebagai salah satu wisata desa andalan di Kecamatan Somagede.

Example 300x600

Embung yang memiliki luas kurang lebih 47 x 98 meter, dengan sebuah ikon pulau mungil di tengahnya berukuran kurang lebih 13 x 15 m yang biasanya hanya puluhan pemancing, pada Rabu (7/6/2023) malam penuh dengan peserta yang didominasi para laki – laki yang berlomba merebutkan hadiah utama yang mencapai puluhan juta rupiah.

BACA JUGA :  Diduga Proyek Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Dinas Pertanian Kabupaten Lahat Asal-Asalan

Bagi para peserta sendiri, setiap satu pancing akan dikenakan biaya pendaftaran Rp.150 ribu pada season pertama dan Rp.50 ribu pada season kedua

Kepada wartawan, Kamto, salah satu panitia menjelaskan, dalam lomba memancing ada beberapa peraturan yang harus dipenuhi peserta, salah satunya jika kail mengenai anggota tubuh ikan maka tidak akan di hitung.

BACA JUGA :  Pemdes Cikadu Tetap Laksanakan Kerja Bakti "Jumsih" di Hari Libur Nasional

“Kegiatan ini kita adakan tidak tentu, kadang dua bulan sekali, tiga bulan sekali, malam ini ada 300 lebih peserta di season pertama dan kedua. Dalam lomba ini peserta wajib mengikuti aturan yang berlaku, misalnya kail pancing tidak boleh nyangkut ditubuh ikan, harus didalam mulut, terus hasil yang menimbang panitia disaksikan semuanya, jadi harus adil untuk waktu 1 jam,” jelas Kamto.

Masih kata Kamto, untuk memperebutkan hadiah, hanya diambil empat pemenang season pertama dan kedua.

“Kita ambil lima pemenang dengan hitungan berat ikan yang didapatkan, juara pertama Rp.20 juta, kedua Rp.6 juta, ketiga Rp.2 juta dan keempat Rp.1 juta dan kelima Rp.500 ribu. Sedangkan di season kedua empat pemenang dengan rincian juara satu Rp.5 juta, kedua Rp.1,5 juga, ketiga Rp.700 ribu, empat Rp.300 ribu dan kelima.150 ribu,” imbuh Kamto.

BACA JUGA :  Pesta Rakyat Ganjar-Mahfud di GOR Satria Purwokerto Banyumas Dipenuhi Lautan Manusia

Untuk jenis ikan dalam lomba mancing di Embung Rawa Baner yaitu Lele dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari 1 kg hingga 4,5 kg. Sedangkan panitia telah menabur ikan lebih dari 2 ton. (Gunawan).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.