Pemerintahan

Tingkatkan Sektor Pertanian, Bupati Pasaman Tandatangani Komitmen Bersama Mitra Pembiayaan dan Pelaku Usaha Agribisnis

×

Tingkatkan Sektor Pertanian, Bupati Pasaman Tandatangani Komitmen Bersama Mitra Pembiayaan dan Pelaku Usaha Agribisnis

Sebarkan artikel ini
Bupati Pasaman
H. Benny Utama Bupati Pasaman mendatangani komitmen bersama antara mitra pembiayaan dan pelaku usaha agribisnis serta pengembangan usaha pertanian, di Hotel Mercure Padang, Sumatera Barat, (9/6/23). (Foto: Dok Kominfo Pasaman)

Pasaman, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Pasaman H Benny Utama menghadiri acara temu koordinasi dan penandatanganan komitmen bersama antara mitra pembiayaan dan pelaku usaha agribisnis serta pengembangan usaha pertanian, bertempat di Hotel Mercure Padang, Sumatera Barat, Sabtu (9/6/2023).

Hadir pada kesempatan ini Menteri Pertanian Syahrul Yasir Limpo, Dirjen Sarana dan prasarana Pertanian Ir. Ali Jamil, MP., Ph.d, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansarullah, Wakil Gubernur Audy Joinaldy, serta Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat.

Example 300x600

Sektor pertanian dan pangan menjadi salah satu penopang penting pemulihan ekonomi daerah dan nasional. Untuk mengembangkan sektor tersebut, Menteri Syahrul Yasin Limpo mendorong pemerintah daerah, provinsi maupun kabupaten/kota untuk mengubah gaya pembiayaan yang selama ini sangat bergantung kepada anggaran negara dengan melibatkan partisipasi perbankan dan swasta.

BACA JUGA :  Dihari Ke Empat, Wakil Bupati Labuhanbatu Menyaksikan Pelaksanaan MTQ dan FSQ

Pertanian yang maju, mandiri dan modern mustahil tanpa intervensi penguatan modal dengan intervensi permodalan ini dimungkinkan tercapai peningkatan hasil yang bermuara pada peningkatan pendapatan petani.

BACA JUGA :  Plt Bupati Pasaman Sabar AS Buka Bimtek Pengembangan SDM Ekonomi kreatif

“Salah satu upaya pemerintah dalam rangka penguatan permodalan bagi petani yaitu dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di bidang pertanian melalui program ini petani dapat terbantu dalam mengembangkan budidaya pertanian dari hulu hingga hilir,” ujar Mentan.

Selain itu ia juga mengatakan sektor pertanian atau usaha pertanian didorong untuk memanfaatkan fasilitas KUR. Kementan terus mendorong pemanfaatan KUR untuk pengembangan pertanian.

BACA JUGA :  DP3A Labuhanbatu Menggelar Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Tujuan utama dari KUR diantaranya untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil dan menengah serta mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. (Ghani).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.