Otomotif

Warga Kota Tepian, Simak 5 Tips Sederhana yang Bisa Bikin Motormu Aman dari Pencurian

×

Warga Kota Tepian, Simak 5 Tips Sederhana yang Bisa Bikin Motormu Aman dari Pencurian

Sebarkan artikel ini
Technical Service Departement Astra Motor Kaltim 2.
(Dok. Astra Motor Kaltim 2)

Samarinda, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pencurian aksesories, sparepart hingga unit sepeda motor menjadi salah satu kasus kriminalitas yang cukup sering dijumpai di Samarinda. Kondisi ini dapat dihindari jika perangkat keamanan di kendaraan kita memadai.

“Kasus pencurian sepeda motor dapat kita hindari dengan melakukan beberapa tindakan preventif serta dengan menggunakan beberapa fitur pengaman yang ada pada sepeda motor Honda,” ungkap melalui Lucky Roberto selaku Technical Service Departement Astra Motor Kaltim 2.

Example 300x600

Lebih lanjut ia membagikan tips sederhana yang dapat dilakukan demi menjaga sepeda motor kesayangan.

  1. Kunci stang ke arah kanan
    Hal sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan mengunci stang ke arah kanan, ruang gerak kunci T yang biasa digunakan oleh para pelaku pencurian motor akan memiliki ruang gerak yang lebih sempit sehingga menambah lama waktu dan sulit bagi dia untuk membobolnya. Fitur secure key shutter pada sepeda motor juga dapat digunakan untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan sepeda motor.
  2. Berikan pengaman tambahan
    Selain mengandalkan kunci stang dari sepeda motor, kamu bisa menambahkan pengaman tambahan di sepeda motor. Pengaman ini dapat berupa gembok yang dikaitkan pada lubang cakram dengan dan rantai belakang jika motor kamu berjenis manual. Sedangkan kamu yang memiliki motor dengan rem cakram, bisa menggunakan kunci pengaman motor berjenis cakram. Kunci jenis ini telah dilengkapi dengan alat pendeteksi getaran dan kemudian memicu alarm dengan suara yang cukup keras, sehingga peluang motor dicuri jadi lebih kecil. Atau pengaman lainnya yang bisa kamu coba adalah immobilizer, ataupun dengan jenis penambat.
  3. Tempel Tanda ‘Pengenal’
    Salah satu cara untuk memudahkan kamu dalam mengenali motor kesayangan saat hilang adalah dengan menempelkan tanda pengenal. Tanda tersebut bisa berupa stiker yang diletakkan di tempat strategis, seperti pada batok lampu, spakbor belakang, atau dashboard dekat anak kunci. Karena dengan tanda ini, pencuri pun akan berpikir ulang untuk mengambil motormu.
  4. Alarm dan Smartkey System
    Maraknya pencurian kendaraan bermotor membuat para pemilik kendaraan menggunakan pengaman ganda, salah satunya dengan memasang alarm. Namun masalahnya buat para pengendara, terkadang sering merasa khawatir dengan masalah kelistrikan pada motor mereka. Sebenarnya pemasangan alarm tidak berdampak pada kelistrikan selama pemasangannya sesuai prosedur. Memang alarm akan tetap menyala saat motor dalam keadaan mati, tapi alarm tetap stand by, sehingga membutuhkan arus aki. Nah, buat kamu yang akan pergi dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya aki dicabut agar tidak terbuang percuma.
BACA JUGA :  Astra Motor Kaltim 2 Sukses Gelar Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2023

Bagi kamu pengguna sepeda motor Honda Scoopy, Vario150, ADV150 dan PCX160, jangan lupa untuk selalu mengaktifkan fitur anti thief alarm pada Smart Key System yang sudah tersedia. Fitur ini berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian. Apabila sistem alarm anti-maling telah diaktifkan dan sensor mendeteksi adanya getaran atau gerakan pada sepeda motor, maka buzzer akan berbunyi dan lampu sein akan berkedip.

BACA JUGA :  Astra Motor Kaltim 2 Kembali Gelar HPMD, Sukses Pukau Pengunjung Smala.fest
  1. Cabut Fuse
    Cara ini bisa sangat mudah dilakukan jika letak sekring motor mudah untuk dijangkau, misalnya seperti pada motor sport. Dengan cara tersebut, maka seluruh kelistrikan pada motor akan mati total walau kunci kotak dalam posisi hidup. Namun, cara ini cukup efektif dalam mencegah kasus pencurian sepeda motor.
BACA JUGA :  Intip Fungsi Memanaskan Sepeda Motor dari Astra Motor Kaltim 2

“Beberapa tips sederhana diatas bisa kamu lakukan untuk mencegah motormu dari aksi pencurian. Satu hal yang terpenting adalah untuk tetap waspada di mana pun kamu berada. Terutama ketika kamu memarkirkan sepeda motormu di tempat terbuka,” tutup Lucky.(Haerul)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.