Berita

Musim Tanam Tiba, Petani di Kecamatan Luas Kaur Tidak Mendapatkan Bibit Unggul

×

Musim Tanam Tiba, Petani di Kecamatan Luas Kaur Tidak Mendapatkan Bibit Unggul

Sebarkan artikel ini
Plt Bupati Kaur
Lahan Sawah Petani Dalam Proses pengolahan, Sabtu 8 Juli 2023. (Foto : Istimewa / LensaNusantara)

Kaur, LENSANUSANTARA.CO.ID – Kali ini petani sawah di Kecamatan Luas Kabupaten Kaur merasa berkecil hati, pasalnya hingga musim tanam tiba pihak Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kaur tidak mengakomodir usulan petani untuk mendapatkan bibit unggul.

Padahal jauh sebelum musim tanam tiba, beberapa kelompok tani di Kecamatan Luas sudah mengusulkan permintaan benih bibit unggul jenis padi sawah dan menyebabkan para petani terpaksa menggunakan benih hasil panen yang lalu.

Example 300x600

“Sebenarnya, jauh sebelum turun sawah kita sudah usulkan dan kita beritahu pihak PPL, bahwa sebagian kelompok kita ada yang mau turun sawah hingga sekarang sudah mulai membajak benih, bibit unggul yang diharapkan tidak kunjung tiba,” ungkap Ketua Kelompok Tani Luas, Mantai Ernawan Kasdi ke media, Sabtu (8/7/2023).

BACA JUGA :  PHR Gandeng Polri, Syahbandar hingga SKK Migas Latihan Bersama Antisipasi Sabotase dan Darurat Keamanan Migas

Hal ini sudah pernah dijelaskan Plt Bupati Kaur Herlian Muchrim, S.T beberapa minggu yang lalu melalui Kepala Dinas Pertanian Lianto, S.P disampaikan oleh Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kaur, bahwa usulan sudah rekap namun masih menunggu.

BACA JUGA :  Dranase Tidak Kancar Kades Simpang Belui bersama Warga Lakukan Pembersihan

“Ya sudah pernah kita sampaikan kepada pimpinan, dan kita masih menunggu itu” ucapnya.

BACA JUGA :  Pastikan Vaksin Tiba Tanpa Gangguan Satlantas polres Bitung lakukan Pengawalan

Diketahui dana DAK Dinas Pertanian Kabupaten Kaur tahun 2023 mencapai 26 miliar lebih, namun hingga bulan Juli belum satu pun kegiatan fisik dan non fisik atau pengadaan bibit sejenisnya terealisasi dan dikhawatirkan realisasi tidak optimal nantinya. (SMI)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.