Berita

Bupati Jember Lepas Ratusan Santri Kembali ke Pondok Pesantren

×

Bupati Jember Lepas Ratusan Santri Kembali ke Pondok Pesantren

Sebarkan artikel ini
Bupati Jember
Bupati Hendy Siswanto saat melepas bus yang membawa santri balik ke pondok pesantren. Sabtu 20/4/2024. (Foto: Badri/Lensa Nusantara)

Jember, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Jember menfasilitasi bus gratis kembalinya santri ke Pondok Pesantren, Sabtu (20/4/2024).

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, Pemerintah Kabupaten Jember mengantar dan menjemput santri dan santriwati yang mencari ilmu diluar Kabupaten Jember. Tentunya terus mengawal santri dan santriwati menuntut ilmu.

Example 300x600

“Tentunya para orang tua sangat bangga dan terharu, disamping juga ada sedihnya setelah berapa hari bulan ramadhan bersama-sama terus pergi selama satu tahun,” kata Bupati.

BACA JUGA :  Proyek Paving di Desa Tempurejo Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi, Warga Akan Lapor Kejaksaan Jember

Tambah Bupati, pihaknya mempunyai tanggung jawab kepada 2,6 juta penduduk di Kabupaten Jember. Lanjut Bupati, justru di pondok pesantren gemblengan luar biasa, disamping itu orang tua juga mendapatkan pahala yang dahsyat.

“Melepas anaknya dengan tulus mencari ilmu tidak semua orang tua rela, melepas anaknya di pondok pesantren ini memang semua harus dipasrahkan. Maka saling mendoakan antara anak dan orang tua, dan orang tua juga mendoakan anak,” ucap Hendy.

BACA JUGA :  Polres Bondowoso Bersama PCNU Menggelar Khotmil Qur'an, Tingkatkan Iman di Bulan Suci Ramadhan 1444 H

Masih kata Bupati, kemudian orang tua mengajari anak tentang adab bagaimana anak belajar mencari ilmu, memberikan pelajaran bagi santriwati bahwa harus punya akhlak.

“Pondok pesantren sudah ada pendidikan adab, akhlak ilmu budi pekerti. Tahun 2024 seluruh sekolah di Kabupaten Jember saya ajarkan contoh di pondok pesantren adab hormat kepada guru dan orang tua,” tuturnya.

Selanjutnya, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Jember Ahmad Musodaq mengungkapkan, bahwa kegiatan rutin ini bentuk pelayanan kepada santri, pihaknya membantu pengembalian santri ke pondok pesantren.

BACA JUGA :  Ganjar Pranowo Sarapan Pagi di Warung Sederhana Pojokan Alun-alun Jember

“Berdasarkan proposal yang masuk ada 4 yakni Ponpes An-Nuqayah Madura, Nurul Jadid Paiton, Ploso Kediri dan Lirboyo Kediri. Untuk santri Nurul Jadid Paiton 250 santri, sehingga dari 4 pondok pesantren ada sekitar 800 santri ,” ucap Kesra. (DriSta ADV)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.