Berita

Diskopum Jember Bersama Bapas Beri Pelatihan 20 Klien Pemasyarakatan Pembuatan Sabun Cuci Motor dan Pomed

×

Diskopum Jember Bersama Bapas Beri Pelatihan 20 Klien Pemasyarakatan Pembuatan Sabun Cuci Motor dan Pomed

Sebarkan artikel ini
Sekertaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember
Peserta Klien Pemasyarakatan saat ikuti pelatihan pembuatan Sabun Cuci Motor dan Pomed, Senin 13/5/2024. (Foto : Badri/Lensa Nusantara

Jember, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Kabupaten Jember bersama Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II A Jember mengadakan bimbingan kemandirian pelatihan pembuatan sabun cuci motor dan pomed oleh Anatura Beauty.

Pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari, dan peserta terdiri dari 20 klien pemasyarakatan, Senin (13/5/2024).

Example 300x600

“Penguatan sabun cuci motor dan pomed bisa memiliki keterampilan, kemandirian dan kembangkan berwirausaha untuk meneruskan masa depan,” ucap Nanik, Sekertaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember.

BACA JUGA :  DPD PAN Cilacap, Lantik Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM-PAN) Dapil 1 Cilacap

Sementara itu ditempat yang sama Basuki Kepala Bapas Kelas II A Jember mengatakan, pelatihan ini untuk klien pemasyarakatan kerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro berupa pembuatan sabun cuci motor dan pomed.

“Tujuan pelatihan untuk memberikan bekal kepada klien pemasyarakatan berupa ketrampilan, intinya keberlangsungan hidup sosial dan ekonomi,” ujarnya.

BACA JUGA :  Adhy Karyono Raih PWI Jatim Awards 2024, Lutfil Hakim: Penghargaan Tertinggi PWI Jatim

Basuki berharap, Klien pemasyarakatan bisa kembali menjadi bagian masyarakat bisa berperan dalam pembangunan, dan bisa sejahtera.

“Mereka tidak akan mengulangi pidana lagi Lapas ataupun Rutan, mantan pelaku tindak pidana tobat terjaminnya keamanan dan ketertiban di masyarakat,” tambahnya.

Lanjutnya, semua itu jika ditangani oleh Bapas tidak mampu, karena tugas sangat berat jadi perlu melibatkan pihak lain dan tanggung jawab bersama. Masih kata Basuki, membangun bangsa ini tidak bisa di lakukan sendiri harus keterlibatan semua.

BACA JUGA :  Cek Vaksinasi Pelajar, Kapolres Blitar Beri Edukasi Kepada Siswa

“Masyarakat juga memberikan tanggapan positif, sehingga pelatihan ini bersumber dana anggaran APBD,” pungkasnya (DriSta/ADV)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.