Pemerintahan

Pemkab Kuansing Berikan Makanan Serba Ikan kepada Ibu Hamil dan Menyusui di Empat Desa di Sentajo Raya

×

Pemkab Kuansing Berikan Makanan Serba Ikan kepada Ibu Hamil dan Menyusui di Empat Desa di Sentajo Raya

Sebarkan artikel ini
Kadis Perikanan Kabupaten Kuansing Marwan berikan paket makanan serba ikan dan produk olahan ikan bagi ibu-ibu di Kecamatan Sentajo Raya, Senin (9/9/2024)

Kuansing, LENSANUSANTARA.CO.ID
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, melalui Dinas Perikanan, selalu pro aktif melaksanakan kegiatan pemberian makanan serba ikan dan produk olahan ikan kepada ibu hamil, ibu menyusui, Balita dan remaja di daerah lokus stunting.

Example 300x600

Pada Senin, 9 September 2024, giliran empat desa di Kecamatan Sentajo Raya yang mendapat kegiatan ini, yakni Desa Marsawa, Geringging Baru, Jalur Patah dan Desa Beringin Jaya.

Kegiatan ini dipimpin Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kuansing Marwan, S.Pd, MM. Dalam kata sambutannya Kadis Marwan mengatakan, kegiatan pemberian paket makan serba ikan dan produk olahan ikan ini merupakan perintah Bupati Kuansing Dr. H. Suhardiman Amby, MM, dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di Kuansing.

Adapun paket makanan serba ikan tersebut berupa Salai Patin, Nugget Patin, dan Nila Segar, langsung diberikan kepada objek stunting, yakni Balita berisiko stunting, ibu menyusui, ibu hamil, serta remaja putri yang berjumlah 60 orang di setiap desanya.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Marwan sekaligus melakukan sosialisasi dan promosi Gerakan Memasyarakatkan Ikan (Gemarikan). Gerakan ini penting agar masyarakat semakin tahu bahwa ikan banyak mengandung protein hewani, karbohidrat, vitamin, mineral, serta asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat baik bagi kesehatan dan kecerdasan.

“Diharapkan melalui kegiatan pemberian makanan serba ikan ini masyarakat akan terbebas dari stunting dan meningkatnya Angka Konsumsi Ikan (AKI) masyarakat dalam upaya menciptakan sumber daya manusia Kabupaten Kuansing yang Sehat, Cerdas, Unggul dan Berdaya Saing,” harapnya.

Marwan juga menjelaskan bahwa kegiatan pemberian paket makanan serba ikan ini dilaksanakan secara bertahap di 18 desa yang menjadi lokus stunting Kuansing.e Pemberian kali ini merupakan tahap kedua yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Kuansing.

“Sebelumnya, tahap pertama telah dilaksanakan pada Agustus lalu di Desa Sikakak, Pulau Bayur, Pulau Jambu, Koto Cerenti, dan Kampung Baru. Selanjutnya akan dilanjutkan pada Bulan Oktober dan November 2024,” jelas Marwan. (Suhendi)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.