Berita

Dinsospermades Jepara Gerak Cepat Lakukan Penanganan Orang Terlantar yang Mengalami Kecelakaan

×

Dinsospermades Jepara Gerak Cepat Lakukan Penanganan Orang Terlantar yang Mengalami Kecelakaan

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) Kabupaten Jepara
Kondisi pasien Kecelakaan terlantar saat ditangani pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kartini dan Dinsospermades. (Foto: Dinsos Jepara/Lensa Nusantara)

Jepara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Respon dan gerak cepat dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara saat mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya orang telantar di Kabupaten Jepara yang mengalami kecelakaan.

Edy Marwoto selaku Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) Kabupaten Jepara mengatakan, setelah mendapatkan laporan tersebut, tim dari Dinsospermasdes langsung turun cepat ke lapangan untuk mengevakuasi korban guna mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Example 300x600

“Hal ini memang menjadi tugas Pemkab dalam menangani dan merawat orang telantar termasuk juga ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), dan itu harus kita layani sesuai dengan SPM (standard pelayanan minimal),” kata dia.

Edy menambahkan, setelah dilaksanakan evakuasi ke RSUD Kartini, korban ternyata tidak ditemukan identitas, sehingga akhirnya dilakukan pengambilan sidik jari untuk mengetahui identitasnya. Setelah dilakukan penelusuran informasi terungkap bahwa korban merupakan warga Kabupaten Cirebon.

“Akhirnya setelah ditemukan identitasnya, pihak Dinsospermasdes dan pihak terkait sudah terhubung dengan keluarga korban,” tuturnya.

Lanjut Edy, pihak keluarga meminta agar korban dirujuk ke rumah sakit terdekat tempat tinggalnya. Ia juga menyampaikan, saat ini Pemkab Jepara melalui Dinsospermasdes, RSUD R.A Kartini Jepara, dan pihak-pihak terkait sudah memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal sampai proses pemulangan korban ke daerah asal.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan RSUD R.A Kartini Jepara, dr. Dino Amiruddin mengungkapkan, perawatan intensif diberikan tim medis rumah sakit karena hilangnya kesadaran akibat terdapat luka berat di daerah kepala. “Kita berikan penanganan yang terbaik dan tidak membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan,” ujar dr. Dino.

Lanjutnya, sesuai dengan permintaan keluarga korban untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat tempat tinggalnya, pihak RSUD R.A Kartini pun telah menghubungi rumah sakit rujukan terkait untuk selanjutnya diberikan pelayanan kepada korban. dr. Dino juga menambahkan, RSUD R.A Kartini selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Apabila ada kekurangan atau hal yang kurang berkenan dalam memberikan pelayanan, masyarakat bisa terbuka memberikan saran dan kritik melalui portal aduan atau pun datang secara langsung melalui pelayanan pengaduan,” kata dia.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.