Bisnis

Upaya Peningkatan Pelayanan Jelang Masa Angkutan Lebaran, KAI Daop 7 Madiun Bekali Pegawai dengan Keterampilan Medis

2
×

Upaya Peningkatan Pelayanan Jelang Masa Angkutan Lebaran, KAI Daop 7 Madiun Bekali Pegawai dengan Keterampilan Medis

Sebarkan artikel ini

Madiun, LENSANUSANTARA.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun terus berkomitmen meningkatkan keselamatan dan pelayanan kepada pelanggan kereta api. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pembekalan pelatihan penyegaran (refreshing) Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) bagi petugas Awak Sarana Perkeretaapian (ASP), Petugas Pengatur Perjalanan KA (PPKA), Petugas Keamanan (Security), Ticketing Officer, Prama-Prami serta petugas front liner lainnya yang berada di stasiun.

Rokhmad Makin Zainul selaku Manager Humas Daop 7 Madiun menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali para petugas dengan keterampilan dasar dalam menangani situasi kegawat daruratan medis yang mungkin terjadi di lingkungan stasiun maupun di atas kereta api.

Example 300x600

“KAI terus berkomitmen meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Pelatihan P3K ini penting agar petugas kami memiliki kesiapan dalam memberikan pertolongan pertama jika ada keadaan darurat baik saat di perjalanan ataupun di area stasiun,” jelas Zainul.

BACA JUGA :
Spirit Sumpah Pemuda: PT KAI Daop 7 Madiun dan Railfans Pecel+63 Gelar Talkshow Keselamatan dan Anti Pelecehan

Materi Pelatihan

Adapun materi pelatihan meliputi dasar-dasar P3K seperti pertolongan pertama saat seseorang mengalami tersedak, mimisan dan penanganan cedera ringan hingga kondisi medis yang lebih serius, seperti pingsan, serangan jantung, atau luka akibat kecelakaan. Disamping itu diberikan pula terkait manajemen kelelahan yang meliputi penyebab, jenis, gejala, pengukuran kelelahan dan cara pencegahan kelelahan tersebut.

BACA JUGA :
KAI Daop 7 Madiun Catat Penjualan Tiket KA Jarak Jauh Capai 69.330, Imbau Masyarakat Pilih Opsi Perjalanan di Tanggal atau Jam Keberangkatan Lain

Untuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan terutama pada masa Angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 7 Madiun telah menyiapkan pos kesehatan di sejumlah stasiun, antara lain di Stasiun Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung dan Blitar serta Pos Pemeriksaan Kesehatan (Posrikes) bagi ASP di UPT Crew KA Madiun. Pos kesehatan ini dilengkapi dengan tenaga medis dan fasilitas dasar untuk memberikan pertolongan pertama kepada penumpang yang membutuhkan.

BACA JUGA :
Personel KAI Daop 7 Madiun Mendadak Dites Narkoba, Pastikan Bebas dari NAPZA

“Dengan adanya pelatihan ini serta keberadaan pos kesehatan, diharapkan seluruh petugas dapat bertindak cepat dan tepat dalam menangani kejadian darurat, sehingga keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api semakin terjamin. KAI Daop 7 Madiun terus berupaya meningkatkan kualitas layanan untuk mewujudkan momen Lebaran “Tenang dan Menyenangkan” bagi seluruh pelanggan,” tutup Zainul.