Daerah

Kunjungan TP PKK Jatim ke TP PKK Probolinggo, Sosialisasi Gerakan Gemar Minum Susu, Makan Telur dan Daging

×

Kunjungan TP PKK Jatim ke TP PKK Probolinggo, Sosialisasi Gerakan Gemar Minum Susu, Makan Telur dan Daging

Sebarkan artikel ini
Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo

Probolinggo, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam rangka kegiatan gemar minum susu, makan telur dan daging, TP PKK Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan sekaligus memberikan sosialisasi pentingnya asupan gizi bagi masyarakat khususnya anak dalam usia pertumbuhan, Kamis (3/10/2024) di Balai Desa Randupitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjuti dari surat Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim Nomor 269/Pokja III/PKK Prov/XI/2024 tanggal 20 September 2024 kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo perihal Gemar Minum Susu, Makan Telur dan Daging.

Example 300x600

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua Bidang III Penguatan Ketahanan Pangan TP PKK Provinsi Jatim Wilis Susilowati Budi Santosa, Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan pada Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Jatim Nur Iswanto dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Rita Erik Ugas Irwanto beserta pengurus.

Hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin, Camat Gending Winda Permata Erianti, Kepala Desa Randupitu Mochammad Fuad beserta perangkat dan Ketua TP PKK Desa Randupitu beserta pengurus.

Pada kegiatan gemar minum susu, makan telur dan daging yang ditutup dengan sosialisasi ini sengaja melibatkan anak-anak didik hebat dari beberapa Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Gending yang berjumlah kurang lebih 200 anak siswa-siswi agar supaya anak didik paham dengan gizi.

Untuk gerakan gemar makan daging, telur dan minum susu yang dilaksanakan oleh TP PKK ini memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satunya untuk memperkenalkan kepada anak-anak agar mengkonsumsi protein hewan sebagai asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dan aksi inipun sebagai salah satu upaya untuk mencegah adanya stunting.

Ketua Bidang III Penguatan Ketahanan Pangan TP PKK Provinsi Jatim Wilis Susilowati Budi Santosa menyatakan kegiatan gemar minum susu, makan telur dan daging ini terlaksana dengan baik berkat adanya sinergitas TP PKK Provinsi Jatim, Dinas Peternakan Provinsi Jatim dengan TP PKK Kabupaten Probolinggo.

“Harapannya, dengan terselenggaranya kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan minat masyarakat dalam mengkonsumsi protein hewani khususnya bagi anak-anak usia sekolah. Gemar minum susu, makan telur dan daging dapat dilaksanakan dan dibudayakan di sekolah-sekolah agar dapat menciptakan anak-anak yang sehat dan cerdas,” ungkapnya.

Sementara Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Rita Erik Ugas Irwanto menjelaskan kegiatan ini sangat bermanfaat yakni membantu mengurangi angka stunting di Kabupaten Probolinggo. Salah satu ancaman stunting adalah dapat mempengaruhi kualitas perkembangan otak pada anak serta mempengaruhi kemampuan dan prestasi anak.

“Tumbuh kembang anak perlu diperhatikan, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Kita harus menyiapkan kondisi anak pada fisik maupun mentalnya. TP PKK Kabupaten Probolinggo sudah mensosialisasikan masalah gemar minum susu, makan telur dan daging. Bahkan kami sebagai Bunda Forikan telah mensosialisasikan gemar makan ikan untuk untuk meningkatkan tumbuh kembang anak,” katanya.

“Melalui kegiatan ini pula anak-anak dapat memahami pentingnya makanan yang bergizi untuk tumbuh kembangnya yang optimal dan menjadi generasi yang sehat, kuat dan cerdas,” tambahnya. (*/Laili)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.