Lensa Nusantara
Bondowoso

Pemkab. Bondowoso akan Melakukan Penanaman Pisang Cavendish Berkonsep Agroindustri

Bondowoso – Hari ini Bupati Bondowoso melakukan penanaman pisang bersama di Kab. Blitar, Bupati melalui melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Syaifullah SE, M.Si. mengatakan, dalam waktu dekat penanaman pisang cavendish akan dilakukan juga di Bondowoso.

“Saya pelajari hasilnya sangat memuaskan, Selain bentuknya lebih besar, juga rasanya lebih enak, pulen, bila dibandingkan, semoga nantinya Bondowoso bisa menjadi sentra produksi komoditas tersebut”, Ungkapnya, Selasa (21/01/2020).

Sekda juga mengatakan bahwa menanam pisang jenis cavendish adalah peluang usaha yang menjanjikan, Karena Jepang menerima berapapun jumlah pisang yang di ekspor dari Indonesia.

Di sisi lain kata Sekda, penyerapan tenaga kerja usaha penanaman pisang tersebut sangat banyak. Untuk lahan sekira seluas 10 hektare untuk percontohan dan ditargetkan 100 hektare , penyerapan tenaga kerjanya bisa mencapai 800 orang sehingga merupakan sektor padat karya.

Karena itulah, pihaknya mendorong nantinya di Bondowoso dapat meluaskan lahan perkebunan pisang dengan bekerja sama dengan perusahaan lain maupun dengan menjadi perusahaan inti dari perkebunan pisang rakyat, semacam plasma-inti.

“Pemkab Bondowoso akan memfasilitasi investor yang bersedia berinvestasi di sektor perkebunan pisang cavendish lewat berbagai kemudahan izin,” ungkapnya.

Selain itu, Pemkab Bondowoso juga mendorong pembangunan infrastruktur berupa akses jalan sehingga keluar-masuk perkebunan ke jalan besar menjadi lebih mudah. Dengan begitu pula, maka pengangkutan komoditas saat panen menjadi lebih mudah.

“Dalam jangka panjang, wacana kami juga mengundang industi pengolahnya. Dengan begitu buah segar yang dipanen tidak semuanya dijual dalam bentuk buah segar, melainkan sebagian dikalengkan sehingga tidak menjadikan harga buah tersebut turun saat panen raya,” ujarnya.

Namun untuk tanaman pisang Cavendish di Kabupaten Bondowoso itu, kata dia, perusahaan diharapkan yang sudah mampu menangani pola tanamnya dengan baik sehingga bisa panen setiap hari. Dengan begitu, maka tidak terjadi produksi yang terlalu berlimpah karena panen pisang yang bersamaan.

Semoga dengan peluang usaha yang berada disektor perkebunan pisang ini, dapat meningkatkan perekonomian dan mengurangi jumlah angka pengangguran di Kab. Bondowoso.

Reporter : Hosairi
Editor : Arik Kurniawan
Publikasi : Mareta

Related posts

Gotong Royong, Masyarakat dan Satgas TMMD ke-110 Melebarkan Jalan

Lensa Nusantara

Tekan Penyebaran Covid-19, Muspika Tamanan Bagikan Ratusan Masker Gratis

Lensa Nusantara

Satlantas Polres Bondowoso Laksanakan Sosialisasi Impelementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020 di SPBE Grujugan

Lensa Nusantara