BeritaBisnis

Petani Pandai Besi Desa Loko Tali Merasa Puas dengan Hasil Karyanya

×

Petani Pandai Besi Desa Loko Tali Merasa Puas dengan Hasil Karyanya

Sebarkan artikel ini

SBD NTT, LENSANUSANTARA.CO.ID – Kamis 19 November 2020 Kepala Desa Loko Tali Danial Ana Ote sangat Bangga ketika media Lensa Nusantara mendatangi petani pandai Besi di dusun Rada Oto.

Example 300x600

Dengan Ala kadarnya bapak Kornelis Mone sangat antuasi sekali setiap hari karena beliu mampu mengraib reski sehari -hari nya dari hasil pandai besi nya senilai rp 275.000 perhari.

sehingga dalam satu bulan beliu mendapatkan ke untungan dengan 7jt &8jt berdasarkan penuturan bapak Kornelis Mone dari hasil ini lah iya mampu menyekolah anak-anak dan cucu nya selama 12 tahun lebih meneladani pandai besi dengan alakadar.

Ditambahin dengan Ramuan tradisional yang berasal dari batang pisang, Air garam dan lain-lain untuk membuat hasil karya bisa bertahan 10 tahun lebih dalam penggunaan bagi pembeli sehingga pembeli pun merasa puas.

Apa lagi dalam musim hujan begini saya lebih konsen dalam pembuatan alat pertanian karena alat pertanian sangat mendukung para petani untuk menggarap kebun mereka ungkap bapak Kornelis Mone.

yang walaupun umurnya sudah mencapai 51 tahun lebih dan memiliki putra-putri 9 orang ,ketika media mendatangi beliu ,menceritakan pemgalaman merantau ke luar pulau untuk mencari pekerjaan seperti ke kupang sebagai peloper koran Pos Kupang,timur ekspres serta majalah lain.

namun saya tidur puas dengan pekerjaan yang teladani maka beliu melanjutkan merantau ke pulau Dewata (Bali) untuk menjadi Kuli Bangunan.

Namun karena penghasilan kurang memuaskan juga beliu mulai meneladani jadi petani Pandai besi untuk membuat Parang atau pedang ,pisau dapur serta cangkul kebun ,Hari demi hari beliu mencoba mempromosikan di pasar tradisional di pasar waiha dengan banyak orang yang mengenal beliu dari situlah beliu dikenal petani-petani kebun.


Ungkapan hati yang paling Dalam saya memang banyak kekurangan jika pemerintah setempat dan pemerintah daerah membantu saya dalam usaha ini dan saya memeliki alat-alat modern maka itu bisa membantu saya juga dalam percepatan pembuatan alat-alat pertanian dan alat-alat rumah tangga mudah-mudah kedepan mendapatkan pasaran diluar Daerah ungkapnya (Gus Mone Al mughni)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan