Berita

Tanaman Porang Sangat Menjanjikan, Pengurus DPC PPPN di Pamekasan Resmi Terbentuk

×

Tanaman Porang Sangat Menjanjikan, Pengurus DPC PPPN di Pamekasan Resmi Terbentuk

Sebarkan artikel ini

Pamekasan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Silaturahmi Petani Pegiat Porang Nusantara (PPPN) sekaligus pembentukan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Pamekasan. Sabtu (26/12/2020)

Example 300x600

Ketua DPC Perkumpulan PPPN, H. Ilzamuddin, S.P, mengatakan bahwa, komuditas tanaman porang sangat menjanjikan pasarnya sehingga perlu di sosialisasikan kepada seluruh masyarakat Madura, khususnya Pamekasan.

“Dengan melalui tehnik pembinaan, tentunya cara bercocok tanam, pemupukan, pengendalian hama dan pengolahan tanah yang baik, itu akan dicapai produksi yang maksimal”, ucapnya.

Selanjutnya, menurut Ilzamuddin, tanaman porang bisa menghasilkan ratusan juta, tidak salah jika disebut bibit emas dan perlu di sosialisasikan kepada masyarakat, sehingga tanamam porang ini bisa dijadikan alternatif pengganti tanaman yg kurang produktif.

“Misalkan 1 hektar kita tanami dengan jarak tanam 40-60 cm, sehingga ketemu populasinya 40.000 bibit porang dengan asumsi perbatang memproduksi 1 kilo, maka akan menghasilkan 40 ton dan dapat menghasilkan ratusan juta dalam jangka 6-7 bulan jika harga perkilo 10.000”, jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa porang beda dengan komoditas lain, di Indonesia porang masih menjadi makanan sekunder tidak seperti beras yang masih menjadi primadona.

“Di luar Negeri seperti Vietnam, Korea dan Jepang dijadikan makanan pokok, karena disana porang dijadikan bahan dasar untuk membuat tepung, dan terbukti juga porang itu makanan sehat tidak banyak mengandung karbohidrat, sehingga cocok untuk diet”, imbuhnya.

Perlu diketahui, pembentukan pengurus Petani Pegiat Porang Nusantara (PPPN) untuk DPC Kabupaten Pamekasan diletakkan di kediaman Moh. Tamyis, Kepala Desa Samatan, Kecamatan Proppo , dan meskipun masih dibilang baru di Madura akan tetapi di Indonesia sudah lama keberadaannya.(Rofiuddin)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan