BeritaBisnis

BPP Muara Pawan dan BKNDI Ketapang Panen Padi bersama Poktan Pematang Pulas Sei Awan Kanan

×

BPP Muara Pawan dan BKNDI Ketapang Panen Padi bersama Poktan Pematang Pulas Sei Awan Kanan

Sebarkan artikel ini

Ketapang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ketua dan Pengurus BKNDI Ketapang , BPP (Balai Penyuluhan Pertanian ) Muara Pawan melaksanakan Panen Padi Varitas Agro Pawan bersama di lahan Poktan Pematang Pulas, Gapoktan Awan Jaya Desa Sungai Awan Kanan Kec. Muara Pawan Ketapang Kalbar.
Jumat ( 22/01/21).

Example 300x600

Hadir pada kegiatan panen ini Ketua dan anggota kelompok Tani Pematang Pulas, Penyuluh Pertanian dari 8 Desa binaan BPP Kecamatan Muara Pawan Ketapang, pengurus DPD BKNDI Ketapang dan crew Combine Harvester /mesin panen padi.

Badan Komunikasi Desa Se-Indonesia (BKNDI) Ketapang Sebagai organisasi yang bermitra dengan Pemerintah, sangat intens dan aktif dalam mensosialisasikan Program Pemerintah dari semua tingkat serta memberikan pendampingan terhadap masyarakat Desa demi menuju Desa Maju dan Mandiri.

Kehadiran BKNDI pada musim panen padi , dalam upaya memberikan pembinaan, sosialisasi dan mengali informasi, usulan serta harapan para petani yg tergabung dalam poktan /Gapoktan yang ada di desa.

“Kami berkepentingan mendampingi petani, dalam upaya mempercepat Desa Maju dan Mandiri. dan prioritas Pembangunan Pemerintah Pusat disektor Pertanian, sehingga kesempatan seperti sekarang kami bisa langsung bertemu dengan Petani, sehingga keluhan, kendala, harapan serta usulan dapat kami terima, selanjutnya akan kami bahas dan menjadi Rekomendasi serta usulan kami ke pihak terkait.


Kami juga siap membantu, mendampingi Petani dalam upaya apa yang diperlukan Petani,baik secara administrasi Proposal serta usulan ke pemerintah.


Semoga sinergisitas kita berjalan baik demi memajukan Desa. Salam Desa Maju Indonesia Jaya,”tungkas Rini Nugraha Ketua DPD BKNDI Ketapang.

Disela pelaksanaan panen padi yang menggunakan alat Panen Mekanik BPP Muara Pawan Ketapang Kalbar.

” secara keseluruhan hasil panen kita meningkat dari Tahun 2019,tahun kemarin kita dapat 4,2 ton/ha,untuk panen sekarang kita dapat 4,8 ton/ha.


Peningkatan ini salah satu faktornya ketersediaan alsintan. BPP Muara Pawan memiliki Brigade Alsintan yang kami maksimal pengunaan nya. di kita alsintan yang ada alat tanam,alat panen,alat pengolahan lahan.

Dimasa pandemi ini kebutuhan Pangan sangat diperlukan jangan sampai petani terabaikan dalam sistem Budidayanya.


semua Penyuluh mengawal semua aktifitas petani yang ada dilapangan dan petani terus berkoordinasi dengan penyuluh yang ada didesa masing masing.

Kemudian masalah combine Harvester /alat panen ,hanya tersedia 2 unit sehingga masih dirasakan belum tercukupi, idealnya ada 5 unit .
kalau musim panen sekarang kami kewalahan akibat kurangnya jumlah unit alat panen dengan
Luas panen /luas Tanam, musim tanam sekarang 2.000 ha

terletak di 8 Desa yang ada di BPP Muara Pawan, dengan sentra Produksi pangan Utama di empat Desa yaitu Sungai Awan Kanan, Sukamaju Tempurukan dan Sei Awan Kiri.”demikian dipaparkan Dedi, S.PKP. Koordinator BPP Kecamatan Muara Pawan Ketapang.

Luasan Lahan Panen padi Poktan Pematang Pulas Desa Sungai Awan Kanan 40 ha,
denga varietas padi yang ditanam ciri khas Ketapang Argo Pawan,dengan produktifitas 4,8 ton/ha.

“Alhamdulillah panen kite taun ini meningkat dari Tahun yang lalu sehingga kami sebagai petani merasa senang.Dan setelah panen ini pada awal Pebruari 2021 ini kami tanam kembali, serta kami berterima kasih kepada BPP muara Pawan, ibu Yulia penyuluh pertanian pendamping Kelompok kami yang selalu mendampingi kelompok.

Kendala kami sekarang kekurangan Alsintan dan Pupuk pada saat diperlukan”ungkap Musaidi Ketua Kelompok Tani Pematang Pulas Sei Awan Kanan.

Pada kesempatan ini Ketua BKNDI Ketapang,merasakan langsung panen mengunakan combine Harvester/Alat Panen Padi.(Adrianus).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan