Lensa Nusantara
Berita Featured

Akibat Abrasi, Warga Desa Timlonga di Gentarkan Terbaringnya Swering sebagai Penangkal Ombak

Timlonga, LENSANUSANTARA.CO.ID – Awal tahun 2021, akhir-akhir ini cuaca sangat menggentarkan masyarakat yang tinggal di pesisiran pantai.

Warga Desa Timlonga, kecamatan bacan timur, kabupaten Halmahera Selatan yang letak perkampungan di pesisir pantai kini di cekam abrasi, hingga membuat warga sekitarnya kuatir. Kekuatiran warga, disebabkan kedudukan geografi perkampungan sangat mengkuatirkan kerendahannya pada permukaan air laut yang sering sampai masuk ke dalam rumahnya warga, Minggu, 21/02/2021.

Ancaman abrasipun membuat swering sebagai penangkal ombak yang berdekatan dengan rumah warga kini pata dan terbaring di atas permukaan bibir pasir pantai, sehingga warga yang berdekatan ruma dengan bibir pantai menjadi kepanikan saat air laut di terpa ombak kencang.

Pemerintah Desa Timlonga Bahri Hamid (Sekdes), sebagai kuasa kepemerintahan Desa Nurdin M. Nur (KADES), saat di minta keterangan awak media lensanusantara, mengatakan.

“Desa kami memang sasarannya kalau ketika ombak. tidak juga itu, ketika pasang surut air laut, desa kami juga di banjiri air laut, sehingga ruma warga yang berada di bagian Utara dan bagian tengah pun tergenang dengan air laut, Ungkapnya.

Atas Kekuatiran warga desa timlonga, Baros (Sekdes) sapaannya, juga mengatakan.

“Semoga dengan adanya anggaran dana desa 2021, kami akan berupaya agar menurunkan alat berat (eksavator), guna melakukan penggusuran untuk penimbunan rawa-rawa yang berada di belakang perkampungan, sekaligus membuang batu sebagai pemeca ombak di permukaan swering yang patah di sebabkan abrasi. (Riswan).

Related posts

Parkir dan Kondisi Pengangkut Tebu, Menghawatirkan Pengguna Jalan juga Warga Sekitar Pabrik Gula Prajekan

Lensa Nusantara

Pembangunan Gerbang Masuk SMAN 2 XIII Koto Kampar Menuai Protes Masyarakat

Lensa Nusantara

Pemerintah Segera Distribusikan 105.000 APD (Alat Pelindung Diri)

Redaksi