Berita

Curah Hujan Tinggi dan Timbunan Enceng Gondok Sebabkan Jembatan Srigeni Putus

×

Curah Hujan Tinggi dan Timbunan Enceng Gondok Sebabkan Jembatan Srigeni Putus

Sebarkan artikel ini

OKI, LENSANUSANTARA.CO.ID – Jembatan penghubung Desa Srigeni, Kecamatan Kayuagung Ogan Komering Ilir (OKI) putus. Debit air sungai Komering yang deras akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ditambah timbunan enceng gondok di duga jadi penyebab putusnya jembatan dengan kontruksi besi tersebut.


Jembatan besi sepanjang 110 M tersebut merupakan akses warga antar kampung di Desa Serigeni dan bukan merupakan akses jalan lalu lintas utama. Jalur yang terputus sekitar 35 M. Sejak Kamis (25/3) pagi, jajaran Dinas PU dibantu warga sekitar sigap mengevakuasi jembatan agar tidak membahayakan penduduk sekitar.

BACA JUGA :
Akibat Meluapnya Sungai Silugonggo Ratusan Hektar Sawah di Kabupaten Pati Terendam Banjir


“Akibat derasnya debit air, ditambah beban timbunan rumput dan enceng gondok hingga besi penahan jembatan tidak kuat. Kita segera lakukan perbaikan melalui dana pemeliharaan” ungkap Kepala Dinas PU PR OKI, Ir. H. Hafidz, MM.

BACA JUGA :
Arus Balik Mudik Lebaran 1444 H Lancar Berkat Kesigapan Tim Urai Satlantas Polres Dairi


Hafidz mengungkap telah mengantisipasi timbunan enceng gondok yang kerap dibuang di perairan Sungai Komering dengan membangun kontruksi penahan enceng gondok pada tahun ini.


“Enceng gondok dan rumput yang dialirkan ke Sungai Komering ini sangat mengganggu dan merugikan apa lagi saat debit air sungai naik akibat curah hujan tinggi. Kita sedang mengupayakan antisipasinya dengan membangun kontruksi penahan di Kelurahan Jua-Jua tahun ini juga” ungkap Hafidz.(Doni)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan