Lensa Nusantara
Berita Pemerintahan

Ini Strategi Pemkab Pamekasan Pastikan Jatah Makan Lansia Dua Kali Sehari Tepat Waktu

Pamekasan, LENSENUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melalui Dinas Sosial (Dinsos) setempat mulai tahun 2021 akan memberikan jatah makan dua kali sehari kepada para lanjut usia (lansia) sebatangkara melalui program ‘Simpati Lansia’. Rabu (16/06/2021).

Pernyataan ini di ungkapkan kepala Dinsos Pamekasan, Moch. Tarsun mengatakan bahwa pihaknya akan melibatkan relawan dari Fatayat Nahdlatul Ulama untuk mengantarkan nasi kepada lansia penerima bantuan tersebut setelah melalui proses verifikasi dan validasi data untuk memastikan bantuan makan tersebut tepat sasaran.

BACA JUGA :  10 Tokoh Perwakilan Atau Relawan di Vaksin Sinovac, Bupati Tapsel Tak Ikut di Vaksin Karena Lewat Umur

Dinsos Pamekasan memiliki 15 pendamping lansia, dengan rincian satu kecamatan satu pendamping, sementara dua pendamping sisanya berada di kantor Dinsos yang memiliki tugas menerima laporan dari pendamping di lapangan memastikan jatah nasi yang diberikan kepada lansia tepat waktu, pagi hari dan sore hari.

“Kami sediakan 13 box untuk wadah rantang itu, satu kecamatan satu pendamping. Pendamping itu bukan pengantar nasi, tetapi mengawasi dan memastikan bahwa paket makanan itu sampai, tepat waktu, tepat menu kemudian mencatat permasalahan yang ada di lapangan,” terang Tarsun.

BACA JUGA :  PEMKAB OKU Selatan, Melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020

Dia memastikan, jatah makan dua kali sehari tersebut akan terus berjalan sesuai dengan program yang telah dicanangkan. Sebab, program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah, terutama Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam kepada para lansia sebatangkara di daerahnya.

Adapun kategori lansia yang berhak mendapatkan jatah makan dua kali sehari sesuai peraturan bupati (perbup), salah satunya lansia sebatangkara, lansia hidup bersama disabilitas tidak produktif, dan lansia yang hidup bersama anak tidak produktif.

BACA JUGA :  Mulya Koto Diamanahkan Partai Emas di Provinsi Sumatera Utara

“Kami pilih relawan dari fatayat, karena fatayat itu punya struktur pengurus hirarki hingga ke tingkat desa. Termasuk, personal – personalnya menyebar,” terangnya.

Dia berharap, program tersebut bisa bermanfaat kepada para lansia di Pamekasan.

“Harapan kami semoga program ini bisa bermanfaat dan meringankan beban hidup lansia, bantuan yang kami berikan merupakan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan mereka”, pungkasnya.(Rofiudddin/Adv)