Berita

Rumah Zakat Desa Wonosari, Laksanakan Program Desaku Berqurban

×

Rumah Zakat Desa Wonosari, Laksanakan Program Desaku Berqurban

Sebarkan artikel ini
Alif Bahtiar fasilitator Rumah Zakat Desa Wonosari saat mendistribusikan kerumah warga (Foto : Mistari/Lensa Nusantara)

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Desa Wonosari- Kegiatan Qurban sejatinya sudah menjadi Sunnah yang biasa dikerjakan pada saat idul adha. Hampir di setiap daerah, di masjid atau pesantren melaksanakan kegiatan pemotongan hewan Qurban dari setelah selesai sholat Ied sampai pada hari hari tasyrik.

Example 300x600

Pelaksanaan Kegiatan pemotongan hewan hewan qurban di daerah atau desa yang minim pequrban sangat di nanti nantikan oleh mayarakat, selain menjadi syiar dakwah untuk mengajak masyarakat yang mampu untuk ikut berqurban, kegiatan qurban juga menebar kebahagiaan pada warga pelosok desa yang belum pernah menerima pembagian daging qurban.

Hal inilah yang membuat Rumah Zakat membuat program Desaku Berqurban, dimana masyarakat diajak untuk berqurban di Desa-desa yang minim pequrban.

BACA JUGA :  Ketua Prodi Budidaya Perairan Unismuh Dorong HMJ Perikanan, “Pelatihan Pembuatan Aquarium”

Alif Bahtiar selaku fasilitator Rumah Zakat Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, juga bersemangat untuk memperoleh program tersebut guna dijalankan di Desa Binaannya, Desa yang belum pernah ada “Kegiatan” Qurban sebelumnya baik dimasjid, pesantren maupun di mushollah dengan partisipasi dari jamaah atau masyarakat sekitar.

Alhamdulillah pada Selasa (20/07), Kegiatan Desaku Berqurban untuk pertama kalinya dilaksanakan dengan penyembelihan 20 ekor domba dan bertempat di kediaman Ibu Joko diDusun Krajan RT 02 Desa Wonosari.

Penyembelihan hewan Qurban dimulai pada pukul 08.00 WIB, dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) dan dibantu oleh 25 warga yang turut antusias dalam kegiatan ini hingga pukul 11.00 proses pemotongan dan pengemasan rampung.

BACA JUGA :  HUT ke-7 PWS Mendapat Apresiasi dari Forkopimcam Torjun, Ini Alasannya

Daging qurban yang berhasil dikumpulkan sejumlah 218 bungkus dan disebar di 4 Dusun, yakni Dusun Krajan, Mangir, Patirana dan Sekolahan. Penyaluran dilakukan secara door to door melalui Kasun atau ketua RT setempat.

Proses pengemasan daging qurban yang dilaksanakan di Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso


Sebagian lagi di salurkan langsung oleh fasilitator Rumah Zakat sebagai dokumentasi dan bukti bahwa daging qurban telah di potong dan disalurkan.
“Terimakasih, pada idul adha ini akhirnya kebagian daging qurban” tutur salah satu masyarakat.

BACA JUGA :  Bupati Tapsel Sesalkan Ada Aparat Pemerintahan yang Terlibat Narkotika

Alif Bahtiar selaku fasilitator Rumah Zakat, mengucapkan banyak sekali terimakasih kepada Rumah Zakat berkat program Desaku Berqurban sebagian masyarakat Desa Wonosari dapat memasak daging qurban. ungkapan terimakasih juga kepada masyarakat sekitar yang dengan antusias membantu kegiatan ini hingga cepat selesai.

“Semoga ditahun-tahun yang akan datang program ini dapat berlanjut, menjadikan masyarakat desa semakin semangat berqurban dan menebar manfaat serta senyum kebahagiaan kepada lebih banyak lagi masyarakat penerima”. pungkasnya.(Mistari)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan