Lensa Nusantara
Berita Daerah

Gayung Bersambut, Biduwan dan Musisi Disambut Hangat oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Sampang

Sampang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Biduwan dan musisi di Kabupaten Sampang, Jawa Timur. datangi Kantor Bupati setempat  Jumat. ( 13 / 08 / 2021 ) ke tujuh seniman tersebut pertanyakan nasib yang kini terdampak akibat wabah virus corona.

Pasalnya Para laku seni meminta kebijakan yang adil atas diri mereka. selama pandemi coronavirus disease (Covid-19), para musisi ini tak memiliki pemasukan. Apalagi, ada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Rupanya gayung bersambut, Kedatangan Para seniman disambut hangat, H.Yuliadi Setiyawa. Selaku Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab). Dengan didampingi Plt Kepala Disporabudpar H Marnilem serta Asisten Pemerintahan Harunur Rasyid.

” Iyan salah satu pimpinan orkes, menceritakan imbas dan nasib para pekerja seni di Kabupaten Sampang selama masa pandemi Covid-19, terlebih ditambahnya PPKM. 

BACA JUGA :  Jaga Kondusifitas Pergantian Tahun Baru 2021, Polsek Ciampea Lakukan Razia Petasan dan Miras

“Hampir semua seniman mengeluh. Kami sadar kami tak bisa lepas dari pandemi ini. Tapi kami butuh uang untuk menghidupi keluarga. Kami tidak menuntut para pemangku kepentingan, tetapi kami mohon dalam pertemuan ini bisa memberikan solusi,” Harapnya

Menurutnya, dengan adanya pandemi Covid-19, tidak dapat dipungkiri sangat menghambat pekerjaan di semua bidang. Termasuk dirinya yang berada di bidang seni. Sebagai orang yang menggantungkan diri dari manggung, jelas pandemi membuatnya tak memiliki penghasilan lagi. 

Dirinya menegaskan jika seluruh pimpinan orkes akan mengajak para musisi dan juga para penyanyi agar melakukan vaksinasi untuk mendukung program vaksin yang di galakkan pemerintah dalam mengatasi pandemi.

BACA JUGA :  FK BPD OKU Lakukan Audiensi bersama PJS Bupati OKU Terkait Penguatan Tugas dan Fungsi BPD Agar Bisa Besinergi dengan Pemdes

“Kalau memang harus divaksin mungkin itu kuncinya, kami nyatakan siap di vaksin kapan saja. agar sehat, pandemi cepat berlalu. Apalagi musisi kan selalu dekat dengan kerumunan,” tandas Iyan.

Menanggapi hal tersebut. H. Yuliadi Setiyawan sangat mengapresiasi atas apa yang disampaikan oleh perwakilan seniman yang memilih berdiskusi untuk mencari solusi bersama.

“Saya sangat berterima kasih karena mereka tidak menyalurkan apa yang menjadi suara hatinya di luaran, mereka mau datang langsung menemui saya. Saya berharap, jika ada persoalan di luar mari kita bicarakan bersama,”Harap Sekertaris Daerah Kabupaten Sampang

“H Wawan sapaan akrapnya menyampaikan jika pemerintah daerah tidak pernah melarang para musisi untuk tampil. Namun apabila terjadi kerumunan, dan melanggar protokol kesehatan, tentu akan diperingatkan dan ditertibkan.

BACA JUGA :  Dandim 0421/LS Menijau Pembuatan Jembatan Serta Pembangunan Parit di Lokasi TMMD ke-108 Ta. 2020

“Saya sangat merasakan sekali dengan kondisi mereka yang sangat terdampak sekali ditengah pandemi Ini, memang kondisi yang berat, sehingga masyarakat harus saling mengingatkan mengenai penerapan protokol kesehatan,” Kata H. Wawan. 

Pihaknya juga mengapresiasi komitmen para seniman yang akan melakukan kegiatan vaksinasi “serbuan vaksin” dalam upaya mengejar target vaksinasi di Kabupaten Sampang.

“Saya berharap, dengan adanya vaksinasi ini, teman-teman pekerja seni bisa berkarya dengan lebih leluasa dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat tanpa harus khawatir efek penularan Covid-19,”Pungkasi H Wawan. selaku SEKDA. Kap Sampang. (Sam)