BeritaKesehatan

BINDA Kaltim Kembali Adakan Vaksinasi Massal, Sasar 5.000 Dosis Pelajar dan Masyarakat di Balikpapan

×

BINDA Kaltim Kembali Adakan Vaksinasi Massal, Sasar 5.000 Dosis Pelajar dan Masyarakat di Balikpapan

Sebarkan artikel ini

Balikpapan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Badan Intelejen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Timur kembali adakan Vaksinasi Massal Covid-19 untuk santri di pondok pesantren Hidayatullah yang berlokasi di Gunung Tembak, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. Selasa (31/08/2021)

Example 300x600

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan herd immunity dengan melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk melaksanakan vaksinasi kepada santri dan masyarakat secara Door to Door atau dari rumah ke rumah.

BINDA Kaltim menggelar vaksinasi kepada santri dan masyarakat umum. Dengan kuota masing-masing 2.500 dosis kepada santri ponpes Hidayatullah, 2000 dosis untuk masyarakat umum yang di selenggarakan di BSSC Dome Balikpapan dan 500 untuk masyarakat umum secara door to door di Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, total keseluruhan ada 5.000 dosis vaksin Sinovac yang disiapkan oleh BINDA Kaltim.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kaltim Brigjen TNI Danni Koswara menyampaikan kepada awak media untuk vaksinasi yang di berikan kepada santri pihaknya bekerjasama dengan Pihak Pondok Pesantren Hidayatullah. “Ada 2.500 dosis yang kami siapkan untuk santri di Kota Balikpapan. Selain santri Ponpes Hidayatullah, vaksinasi juga diikuti santri dari pondok pesantren lain dari Balikpapan,” Ucapnya.

Vaksinasi kali ini memang, difokuskan di Kota Balikpapan. “90 persen pendatang masuk lewat Kota Balikpapan. Tentu ini jadi potensi besar penularan Covid-19, untuk saat ini Balikpapan masih jadi prioritas,” Terangnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan Ustad Hamzah Akbar mengatakan, ada 1.000 santrinya yang jadi peserta vaksinasi yang di selenggarakan BIN pada hari ini. “Selain santri Ponpes Hidayatullah, ada santri dari Ponpes Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari dan Ponpes As-Syifa yang juga mengikuti vaksinasi di sini,” katanya.

Harapannya vaksinasi yang di selenggarakan oleh BIN yang menyasar santri maupun pelajar bisa mendukung rencana pembelajaran tatap muka (PTM), baik di kota Balikpapan maupun di Kaltim. “Semoga saja ini bisa membentuk herd immunity, sehingga kegiatan belajar dan ibadah di pesantren bisa kembali normal,” ungkapnya.

Kegiatan Pemberian vaksinasi yang dilaksanakan oleh Badan Intelejen Negara (BIN) di Ponpes Hidayatullah ini juga saksikan oleh Presiden Joko Widodo lewat video teleconference.

Ditempat terpisah, di Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, BIN menggelar Vaksinasi secara door to door untuk masyarakat.

Kabagdukops BINDA Kaltim Kolonel Inf. M Jayus menerangkan kepada awak media bahwa “Kelurahan Graha Indah merupakan zona merah Covid-19, sampai saat ini masih tercatat sebagai Zona merah di Kota Balikpapan, Kaltim merupakan episentrum bagi penularan covid-19”. Ucapnya.

Untuk Kegiatan Door to Door kita harus koordinasi dengan pemerintah daerah yaitu pemerintah kelurahan tentang kesiapan sasaran dan kita juga menyiapkan tim medis dan vaksin, sehingga pencapaian itu sesuai dengan target yang kita inginkan, jenis vaksin yang di berikan yaitu sinovac, kami sudah melakukan kegiatan vaksinasi ini di beberapa kota di antaranya Samarinda, Kukar, Paser dan Balikpapan, kami akan terus melaksanakan Vaksinasi agar terciptanya herd immunity bagi santri atau pelajar dan masyarakat Kaltim”, Tutupnya. (Haerul)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan