free stats
Polri  

Satlantas Polres Banyuasin Berikan Hadiah Bagi Pengendara yang Taati Peraturan Berlalu Lintas

Banyuasin, LENSANUSANTARA.CO.ID – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banyuasin melaksanakan Ops Keselamatan Musi 2022 di Jalan Lintas Timur Palembang-Betung tepatnya di KM 42 Kelurahan Kayuara Kuning Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, Selasa (01/03).

Namun dalam Ops Keselamatan Musi 2022 ini ada hal yang menarik, dimana
Satlantas Polres Banyuasin memberikan hadiah kepada pengendara yang taat peraturan lalu lintas. Pengendara sempat kaget, melihat banyak anggota Polantas yang berdiri di pinggir jalan Lintas Timur Palembang-Betung tersebut.

Sebagian para pengendara ada yang sempat ingin memutar balik arah, karena melihat banyak anggota Polisi lalu lintas. Tapi setelah pengendara ada yang melihat pengendara lain yang diberi hadiah membuat mereka membatalkan untuk memutar arah.

“Pak saya lengkap ini, boleh dicheck, kalau lengkap sama patuh dengan peraturan bisa dapat hadiah,” ujar salah seorang pengendara di hadapan Kasatlantas Polres Banyuasin AKP Ricky Mozam, S.IK., M.Si.

BACA JUGA :  Meninjau Kampung Tangguh Semeru di Desa Sukorejo Gresik, Kapolda Jatim: Saya Melihat Sangat Baik KTS Disini

Mendengar hal tersebut, Kasatlantas Polres Banyuasin AKP Ricky Mozam langsung merespon baik dari pengendara yang menyatakan dirinya lengkap surat menyurat dan juga tertib berlalu lintas.”Ini contoh yang baik untuk pengendara lain. Karena, tertib berlalu lintas dan surat menyuratnya lengkap,” Kasat Lantas AKP Ricky Mozam.

Belasan hadiah yang diberikan Satlantas Polres Banyuasin bagi pengendara yang taat peraturan lalu lintas dan lengkap surat menyuratnya. Pengendara yang dilengkapi surat menyurat dan taat peraturan lalu lintas, merasa senang mendapatkan hadiah dari Satlantas Polres Banyuasin.

Kasatlantas Polres Banyuasin AKP Ricky Mozam, S.IK., MSi menjelaskan bahwa pelaksanaan Operasi Keselamatan Musi 2022 ini dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret 2022.”Ini sebagai langkah kami, dari Satlantas Polres Banyuasin untuk mengedukasi pengendara agar lebih tertib berlalu lintas. Memang, sudah banyak pengendara yang tertib berlalu lintas,”ujar dia.

BACA JUGA :  Setelah Lima Bulan Mapolsek Pangarengan, Akhirnya Diresmikan oleh Bupati Sampang

Kasat Lantas menambahkan bahwa Ops Keselamatan Musi 2022 ini, selain memberikan edukasi kepada pengendara tetapi juga untuk menekan angka kecelakaan yang ada di Jalan Lintas Timur Palembang-Betung.

“Operasi ini digelar untuk meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Tujuannya, agar tercipta budaya tertib dan menjunjung tinggi keselamatan di jalan,” imbuh dia.

Tak hanya itu, lanjut AKP Ricky Mozam, petugas juga akan melakukan operasi yustisi protokol kesehatan (prokes) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya virus Covid-19 yang sampai saat ini masih menghantui kita semua.”Operasi ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Untuk itu, lengkapi surat-surat kendaraan, tertib lah berlalu lintas serta patuhi prokes,” kata dia.

Kasat Lantas AKP Ricky Mozam menyebut bahwa Ops Keselamatan Musi 2022 ini menyasar 8 target operasi pelanggaran yang kerap dilakukan pengendara.

BACA JUGA :  Diduga Judi Tembak Ikan Beroperasi di Wilayah Polsek Talun Kenas Polresta Deli Serdang

Adapun 8 target operasi tersebut antara lain pemotor yang tidak pakai helm SNI, kendaraan yang melebihi batas kecepatan maksimal, pengendara di bawah umur dan pengemudi roda 4 yang tidak pakai sabuk pengaman.

“Kemudian petugas juga akan menindak pengendara dalam pengaruh alkohol, pengendara bermain ponsel saat berkendara, melawan arus lalu lintas, dan kendaraan ODOL (Over Dimensi Over Loading),” beber dia.

Dalam penerapannya, petugas bakal mengedepankan sifat pre-emtif, preventif, persuasif dan humanis kepada pengendara yang melanggar lalu lintas.

Namun, penegakan hukum UU lalu lintas terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran nantinya tetap dilakukan.

“Operasi ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas dan juga menurunkan jumlah kecelakaan di wilayah hukum Polres Banyuasin, serta mencegah penyebaran virus Covid-19. Mari tertib berlalu lintas dan patuhi prokes,” pungkas dia (Agus)