free stats

Lihat Langsung Metode Pengolahan Sampah di Nikitan Yogyakarta, Ini Kata Maurits Mantiri

Bitung, LENSANUSANTARA.CO.ID – Walikota Bitung, Maurits Mantiri, bersama rombongan melakukan kunjungan ke TPS3R (tempat pengolahan sampah reduce, reuse and recycle) di kampung Nitikan Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta, Kamis (7/4/22).

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau proses pengolahan sampah yang dikelola oleh bidang pengelolaan persampahan Dinas Lingkungan hidup Kota Jogyakarta berdasarkan pada prinsip 3r (reduce, reuse and rycycle)

BACA JUGA :  Pimpin Apel Kerja, Wawali Hengky Honandar Minta Seluruh Perangkat Daerah Disiplin dan Fokus Kerja

Mantiri menyampaikan hal seperti ini juga telah di lakukan oleh DLH Kota Bitung, namun masih harus meningkatkan lagi metode serta sarana dan prasarana pendukung untuk pengembangannya.

Di ketahui, TPS3R Nitikan sendiri sudah dimulai sejak tahun 1994 berawal dari pembangunan rumah kompos untuk pengolahan sampah organik hingga akhirnya kini bisa mengelola sampah organik skala kota melalui pembuatan kompos, pupuk cair, eco-enzym hingga budidaya magot.

BACA JUGA :  Pemkot Bitung Teken MoU dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sulut

“TPS3R Nitikan ini sendiri berdasarkan pengamatan di lapangan memiliki fasilitas bangunan kantor pengelola, depo sampah, area pemilahan, area pengomposan serta area budidaya magot,” jelasnya

BACA JUGA :  Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Lahat Periode 2021-2026 Resmi di Lantik

Turut mendampingi Walikota dalam kunjungan tersebut antara lain, Kadis DLH Kota Bitung, kadis PUPR, Kabag Umum, Kabag Protokol, sekretaris BKAD dan 2 staf khusus. (Ody)