TNI  

Kodim 0821 Mewujudkan Mimpi dan Harapan Warga Tempursari

Lumajang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pipanisasi dan tandon yang digelar oleh Kodim 0821/Lumajang berhasil mewujudkan mimpi warga Dusun Krajan, Desa Tempursari Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang yang selama 11 tahun mengharapkan kemudahan akses akan air bersih dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Terjawab sudah permintaan warga selama 9 sampai 11 tahun akan air bersih dengan adanya pipanisasi dan tandon dari Kodim 0821/Lumajang,” kata Sujatmiko (51) Kepala Dusun Krajan dalam rilis tertulis Kodim 0821/Lumajang. Kamis, (28/7/2022).

Sujatmiko atas nama Pemerintah dan masyarakat Dusun Krajan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0821/Lumajang atas pembangunan jaringan air di dusunnya tersebut. Diakui Sujatmiko bahwa selama dirinya menjabat sebagai Kepala Dusun banyak sekali keluhan masyarakat akan akses air bersih terutama saat musim kemarau.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bondowoso Gelar Baksos Pemberian Sembako, Demi Mengurangi Dampak Covid-19

Sementara itu, Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y.T., S.T., M.M., mengatakan bahwa program pipanisasi dan tandon yang dilaksanakan Kodim 0821/Lumajang merupakan implementasi perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, untuk membantu kebutuhan air bersih masyarakat desa yang susah dengan air bersih dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

BACA JUGA :  Anak-anak Senang Main Mobil-mobilan di Satgas TMMD 110 Kodim 0822

“Pipanisasi dan tandon yang telah kita (Kodim 0821/Lumajang) laksanakan sepanjang 5,6 kilometer di tiga kecamatan wilayah Kabupaten Lumajang,” ujar Dandim.

Lebih rinci dijelaskan Dandim, dari 5,6 kilometer pipanisasi itu sepanjang 270 meter digelar di 5 dusun di Kecamatan Pronojiwo, 1.200 meter digelar di 10 titik di Kecamatan Candipuro, dan 3.690 meter di 19 titik di Kecamatan Tempursari, yang bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan air bersih di rumah-rumah warga tetapi juga kebutuhan air bersih di tempat-tempat umum seperti musholla dan lain-lain.

BACA JUGA :  Ditengah Pandemi Covid-19, Masyarakat Lumajang Diminta Tetap Jaga Keamanan dan Ketertiban Wilayah

“Pekerjaannya telah selesai 100 persen dan masyarakat telah menerima manfaat dari program ini,” ucap Dandim.

Dandim juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Nurani Astra (Peduli untuk Negeri) atas sinergitas dan bantuannya sehingga program pipanisasi dan tandon Kodim 0821/Lumajang dapat berjalan dengan baik.

“Kami juga berharap agar para masyarakat penerima manfaat dari program ini untuk dapat memelihara dan menjaga dengan baik, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang,” harap dan pungkasnya. (Amir)