Daerah

Kejuaraan Eblek, Meriahkan Puncak Hari Jadi Banjarnegara ke-452

×

Kejuaraan Eblek, Meriahkan Puncak Hari Jadi Banjarnegara ke-452

Sebarkan artikel ini
Banjarnegara
Penampilan salah satu peserta eblek (kudak kepang), saat menampilkan kebolehannya di panggung, Jumat (10/3/2023), (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara)

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ribuan masyarakat yang datang dari berbagai wilayah, tumpah ruah di alun – alun Kabupaten Banjarnegara, untuk menonton langsung pagelaran kejuaraan eblek (kuda kepang), yang selama ini menjadi salah satu kesenian daerah yang terkenal dengan dawet ayu dan salak pondoknya.

Example 300x600

Kejuaraan eblek diadakan Pemkab Banjarnagara untuk memperingati Hari Jadi ke 452. Sehingga untuk memeriahkan dan memberikan hiburan masyarakat, rangkaian acara terus di adakan sejak tanggal 11 Februari hingga 11 Maret 2023.

Menurut Pj Bupati Tri Harso saat menyampaikan sambutan menyampaikan, eblek adalah salah satu kesenian asli dari Banjarnegara, menurutnya harus selalu dilestarikan sampai kapanpun.

” Pagelaran kejuaraan eblek diadakan dengan tujuan utama untuk memperkenalkan ke khalayak umum dan yang lebih penting lagi adalah menjaga kesenian asli Banjarnegara tetap selalu ada, jangan sampai punah apalagi hilang, meskipun di era digital seperti saat ini banyak generasi muda terkontaminasi permainan gatget, tapi dengan adanya kejuaraan eblek bisa melahirkan generasi muda yang cinta akan kesenian dan makin suka dsngan kesenian andalan Kabupaten Banjarnegara ini”, ujar Tri.

Dalam pantauan lensanusantara.co.id sendiri, terlihat bagaimana para peserta eblek begitu memukau dalam penampilannya, seperti tarian dan juga atraksi permainan ebleknya yang terbuat dari anyaman bambu yang dibentuk persis dengan kuda tersebut.

Novi Afianti misalnya, dirinya rela jauh – jauh dari Desa Batur, bersama teman – temannya, sepulang sekolah langsung menuju alun – alun untuk menonton pagelaran eblek.

” Sangat suka sama ebleknya, kalau ini kan tidak takut karena mainnya di panggung, tapi kalau kayak pas di orang punya hajatan gitu memang takut, pemainnya seperti kesurupan sampai makan ayam hidup, dan kadang sampai mengejar penonton, makanya hari ini saya sama teman yang masih satu kelas langsung kesini, mumpung tidak hujan,” ungkap Novi.

Sementara untuk acara puncak Peringatan Hari Jadi Banjarnegara pada Sabtu (11/3) besok, masyarakat akan di hibur dengan beberapa acara seperti musik dan lainnya.(GUNAWAN)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.