Pemerintahan

Dukung UMKM, Disnakkan Magetan Tawarkan Olahan Ikan di Pasar Murah

×

Dukung UMKM, Disnakkan Magetan Tawarkan Olahan Ikan di Pasar Murah

Sebarkan artikel ini
Disnakkan Magetan
Prodak Disnakkan yang di jual ketika bazar pasar murah, Selasa, (4/04/2023) (Foto : Diajeng/Lensanusantara).

Magetan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) bersama Disperindag dan Polres Magetan menggelar pasar murah dalam rangka menyambut hari raya idul Fitri 1444 H tahun 2023 yang diselenggarakan di desa Sidomulyo kecamatan Sidorejo. Dalam pasar murah kali ini tidak hanya beras, minyak, telur, mie yang ditawarkan kepada masyarakat namun juga olahan ikan. Olahan ikan diantaranya kripik, abon dan ikan beku (frozen).

Example 300x600

Alik selaku pembina mutu hasil kelautan dan perikanan menjelaskan olahan ikan yang ditawarkan merupakan produk UMKM binaannya.

“lni adalah prodak binaan kita, jadi binaan dinas peternakan itu ada UMKM, produknya ada krupuk ikan, stik ikan, prodak ini semua terbuat dari tambahan ikan, abon ikan, kripik telur ikan, jadi ikan itu daging nya dibuat abon, telurnya dibuat kripik, dan juga ada olahan Frozen, ada naget ikan, lumpia ikan, risol ikan dan lain lain Ikan tidak hanya untuk digoreng” kata Alik.

BACA JUGA :  17 Ribu KPM di Trenggalek Terima BLT Dana Desa

Penawaran produk olahan ikan juga sebagai sosialisasi gerakan gemar makan ikan serta diversifikasi produk olahan ikan. Tubuh ikan bisa dimanfaatkan mulai dari kulit, daging, telur, dan tulang nya.

BACA JUGA :  607 Siswa SMK Yosonegoro Magetan Dinyatakan Lulus, Ini Harapan Kepala Sekolah

“Jadi kita lebih mendekatkan kepada masyarakat biar masyarakat lebih mudah untuk mengonsumsi ikan, kita harus mensosialisasikan untuk makan ikan karena gizinya bagus untuk kesehatan semua usia mulai dari kecil, sehingga kita dari dinas peternakan perikanan selalu mengajak masyarakat untuk membiasakan makan ikan dengan membuat prodak prodak olahan yang bervariasi sehingga mudah untuk di konsumsi,” lanjutnya .

Alik menjelaskan selain di momen pasar murah, produk UMKM selalu dipamerkan di berbagai kesempatan bazar.

“Prodak ini sudah lama, jadi setiap bazar kita juga membawa produk-produk ini untuk lebih mendekatkan kepada masyarakat, harapannya masyarakat lebih membiasakan diri lebih mengenal produk-produk perikanan karena gizi ikan sangat penting, sehingga untuk orang orang tua yang sudah banyak usia tidak perlu takut untuk makan ikan,” tuturnya.

BACA JUGA :  Perbaikan dan Pelebaran Jalan Nasional Sidikalang-Medan Memakan Badan Jalan, Pengendara di Imbau Agar Lebih Berhati-hati

Disisi lain, dengan semakin dikenalnya produk olahan ikan, diharapkan pelaku UMKM dapat semakin meningkatkan pendapatan dan taraf ekonomi. (Diajeng)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.