Berita

Jelang Mudik Lebaran 2023, Satlantas Polres Magetan Lakukan Ramp Check Uji Kelayakan Kendaraan

×

Jelang Mudik Lebaran 2023, Satlantas Polres Magetan Lakukan Ramp Check Uji Kelayakan Kendaraan

Sebarkan artikel ini
Kasat Lantas Polres Magetan
Jelang mudik lebaran, Satlantas Polres Magetan bersama Dishub lakukan ramp check uji kelayakan kendaraan, Sabtu (15/04/2023). (Foto: Humas Polres Magetan/Lensanusantara).

Magetan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Menjelang mudik lebaran 2023, Satlantas Polres Magetan sinergi dengan instansi terkait dari Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan, UPT P3 LLAJ Dishub Madiun, melakukan “Ramp Check” berupa pemeriksaan kendaraan terhadap sejumlah angkutan bus berikut pengemudinya .

Kapolres Magetan, AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K melalui Kasat Lantas AKP Trifonia Situmorang, S.I.K menyampaikan, kegiatan “ramp chek” yaitu inspeksi keselamatan angkutan digelar menjelang lebaran 2023, dengan sasaran mulai dari kelengkapan surat-surat hingga kelayakan kendaraan. Sabtu (15/4/2023).

Example 300x600

Dalam pengecekan tersebut seluruh kendaraan bus yang masuk Terminal Maospati, Kabupaten Magetan langsung diperiksa oleh petugas gabungan.

BACA JUGA :  Hindari Jalan Berlubang, Pick Up di Magetan Terjun ke Sungai

“Dalam uji kelayakan kendaraan ini, satu-persatu kendaraan bus di terminal di cek secara menyeluruh. Mulai dari fisik, ban, wiper, sabuk pengaman, lampu, alat pemadam api, alat pemecah kaca hingga kelengkapan darurat lainnya,” ungkap Trifonia.

Ia mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan petugas mendapati kondisi beberapa ban kendaraan bus yang sudah halus, lampu sen mati, dan wiper bus yang tidak berfungsi.

BACA JUGA :  Ganjarist Berkoordinasi dengan DPC PDI Perjuangan Magetan, Targetkan Ganjar Pranowo Menang 80 Persen

Untuk administrasi kendaraan, didapati pelanggaran seperti keterangan lulus uji yang tidak tertempel, tidak ada sertifikat uji, bahkan ada bus yang telat pajak.

“Atas temuan ini, telah dilakukan penegakan hukum. Kemudian untuk yang masih bisa diperbaiki seperti lampu dan wiper, kita suruh langsung perbaiki dan pasang jika ada,” jelasnya

Sementara untuk para sopir bus juga dilakukan pemeriksaan kesehatan. “Cek kesehatan dari Jasa Raharja, dari unsur sopir 20 orang yang dicek 1 gula tinggi 599, dan cek urin nihil,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Petani Menjerit Pupuk Langka, Ketua DPRD Bondowoso: Ada Permainan Pendistribusian Pupuk

Rencana selanjutnya, hingga arus balik paska lebaran Satlantas Polres Magetan tetap bersinergi dan akan selalu koordinasi dengan instansi terkait untuk inspeksi, “Ramp Check” terus dilakukan secara tentatif atau jika diperlukan. (HumasResMgt)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.