Baznas Riau Berikan Pembekalan untuk Peningkatan Pelayanan di Baznas Rohil

ROHIL, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau melakukan pembekalan terkait Standard Operating Procedure (SOP) dan tata kelola di Baznas Rokan Hilir (Rohil) yang berlangsung selama tiga hari, mulai 22 hingga 24 Mei 2023.

Pembekalan ini diberikan langsung oleh Wakil Ketua I BAZNAS Provinsi Riau, Dr. Yahanan M. Sy, bersama Wakil Ketua IV, Drs. HM Aziz MM. MA, dan Kepala Pelaksana BAZNAS Riau, Idris SE, yang hadir bersama Ari Kurniawan, Kabag Umum.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Yahanan M. Sy menekankan pentingnya penerapan materi pembekalan ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk kepada muzakki dan mustahik (penerima zakat).

BACA JUGA :  Imbauan Bupati Salwa saat Kurban 8 Sapi: Jangan Gunakan Bungkus Plastik

“Hari ini, kegiatan pembekalan SDM untuk Baznas bagi bidang masing-masing, tentunya untuk menambah ilmu dan pengetahuan sebagai bekal kami dalam menjalankan tugas sesuai SOP, dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” ungkap Ketua Komisioner Baznas Rohil, Ustaz H. Jefrizal Shi.MM.

Menurut Ustaz H. Jefrizal, pembekalan ini menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa semua tata kelola dan tugas dilaksanakan sesuai SOP. Selain itu, beliau juga menekankan bahwa hal ini akan berpengaruh positif saat proses audit, sehingga tidak ada masalah yang muncul.

“Kita ingin memberikan pelayanan terbaik sesuai ketentuan dan aturan, serta menjalankan aturan untuk kaum mustahik, agar sesuai tata kelola dan tupoksi,” tegas Ustaz H. Jefrizal Shi.MM.

BACA JUGA :  Pendataan Koperasi dan UMKM 2022 Ditargetkan Menyentuh 72.000 Pelaku KUMKM

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua IV Baznas Provinsi Riau, Drs. HM Aziz MM.MA, mengingatkan pentingnya pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam meningkatkan pengumpulan zakat.

“Baznas Provinsi, tegas meminta dan menitikberatkan kepada pelayanan Baznas dari semua lini sehingga meningkatkan pengumpulan zakat, terus naik pengumpulan dari muzakki, ini perlu dilakukan,” ujar Drs. HM. Aziz.

Dalam hal peningkatan pelayanan, Drs. HM. Aziz menegaskan pentingnya administrasi yang baik dan rapi, serta berkoordinasi dengan Bagian Sosial, Kabag Hukum Setdakab Rohil dan Inspektorat.

“Lalu perlu tim administrasi, jangan sampai kocar-kacir administrasi dan tidak berurutan, jangan asal-asalan, tanamkan kepercayaan masyarakat, ASN sehingga meningkatkan peroleh zakat,” ajak Drs. HM Aziz.

BACA JUGA :  Bupati Afrizal Sintong Buka Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Rohil

Ia juga mengajak seluruh komisioner dan staf Baznas Rohil untuk melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, termasuk Bagian Sosial, Kabag Hukum Setdakab Rohil, dan Inspektorat. “Berkoordinasilah dengan Bagian Sosial, Kabag Hukum Setdakab Rohil dan Inspektorat, sehingga penyaluran dan tata cara sesuai SOP,” ungkapnya.

Pembekalan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan dalam pelayanan Baznas Rohil, khususnya dalam hal penyaluran zakat. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa zakat dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran.

Kesempatan ini juga diisi dengan adanya pertukaran pikiran dan sharing sesama Baznas, yang bertujuan untuk saling belajar dan berbagi pengalaman dalam rangka peningkatan kinerja dan pelayanan. **